PENYERAPAN DANA MASYARAKAT DALAM BENTUK DEPOSITO BERJANGKA PADA BANK UMUM SWASTA DI SURABAYA (PERIODE 1990-2001)

FARIDA NURSANTI, 049916!68 (2003) PENYERAPAN DANA MASYARAKAT DALAM BENTUK DEPOSITO BERJANGKA PADA BANK UMUM SWASTA DI SURABAYA (PERIODE 1990-2001). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
C 55-03 Nur p.pdf

Download (935kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dampak dati Pakel Deregulasi 28 Oktober 1988 (pakto 1988) sangat terasa pada dunia perbankan saat ini. Adanya Pakto 1988 semakin meningkatkan jumJab bank maupun kantor bank baik bank pemeriDtah maupun bank swasta, sehingga dana masyarakat yang berbasil dihimpun juga semakin m.eningkat. Dana masyarakat yang diserap melalui sektor perbankan sanptlab penting bagi kelangsungan pembangunan nasional, kareoa lBltuk dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang mantap dan dinamis diperlukan akmnulasi modal yang cukup besar. Oleh kareoa itu, perbankan sebagai lembaga keu8ngan yang yang berf,mgsi mengbimpun dana masyarakat dan menyalurkmmya kembali untuk investasi di sektor riil, dituntut untuk lebih aktifmenlBljang sekaligus membentuk kerangka yang kokoh da1am menopang berjalannya roda perekonomian nasional Dana masyarakat pada perbankan disimpan dalam bentuk tabungan,. giro, dan deposito berjangka. Dengan semakin berkembangnya kondisi perekonomian, maka mobilisasi dana masyarakat semakin diperllJkan; dalam hal ini deposito berjangka sebagai simpanan terbesar dapat diandalkan dan pasti penyerapan deposito berjangka ini dipc:ngarubi oleb banyak ;fak:tor. Dalam penelitian ini, faktor yang mempengaruhi penyerapan dana masyarakat dalam bentuk deposito berjangka pada bank umum swasta di Surabaya., diantanmya adalah PDRB Perkapita Surabaya., sum bunga deposito beljangka bank swasta, dan jumlah kantor bank swasta lag 1 periode sebelmnnya. Periode waktu yang digtmakan dalampenelitian ini adalah antara tahun 1990-2001. Setelah melibat basil perhitungan ted1adap persamaan regresi yang digamakan, diperoleh kesimpulan bahwa ketiga wriabel bebas yang dikemukakan memang signifikan secara bersama-sama terbadap variabel terikat NamlBl bila secara parsial, temyata banya ada dua (2) variabel yang signifikan, yaitu jumlah kantor bank swasta., dan PDRB Perkapita Surabaya. Selain ito, penyerapan dana masyarakat dalam bentuk deposito berjangka pada bank wnwn swasta di Surabaya juga dipengaruhi oleh instabilitas politik serta kondisi dan kebijakan pemerintah dalam bidang pe1'bankan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C 55/03 Nur p
Uncontrolled Keywords: BANK DEPOSITS
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1660 Bank accounts. Bank deposits. Deposit banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
FARIDA NURSANTI, 049916!68UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSAMEKTO HARTOJO, Drs.Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 01 Dec 2016 20:16
Last Modified: 01 Dec 2016 20:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47928
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item