ANALISIS EKSPOR TEKSTIL DAN PRODUK TEKSTIL INDONESIA KE ENAM NEGARA MITRA DAGANG UTAMA MELALUI PENDEKATAN REAL EFFECTIVE EXCHANGE RATE (REER) (PERIODE 1990-2001)

DWI ASTUTI, 049715611 (2003) ANALISIS EKSPOR TEKSTIL DAN PRODUK TEKSTIL INDONESIA KE ENAM NEGARA MITRA DAGANG UTAMA MELALUI PENDEKATAN REAL EFFECTIVE EXCHANGE RATE (REER) (PERIODE 1990-2001). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
C 57-03 Ast a.pdf

Download (926kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri manufaktur merupakan industri yang sangat penting untuk mendapatkan perkatian. Hal ini karena kemampuannya dalam mendukung proses pembangunan. Komposisi sumbangannya terhadap GDP semakin baik bahkan saat ini tdah mdampaui sektor pertanian. Salah satu bentuk industri manufaktur adalah industri yang berkaitan dengan tekstil dan produk tekstil (TPT) dari tahun ke tahun perkembangan ekspor untuk komoditas ini terus mengalami peningkatan. Di sisi lain komoditas TPT harus dihadapkan pada masalah daya saing serta keterbukaan pasar. Untuk itu kemampuan daya saing sangatlah menentukan layak atau tidak komoditas TPT bersaing di pasaran bebas Dalam penditian ini, penulis mencoba mengukur tingkat daya saing komoditas TPT Indonesia ke enam negara mitra dagang utama yaitu Jepang, Hongkong, Singapura, Amerika, Jnggris serta Jerman. Tingkat daya saing ini diukur melalui perkembangan indeks Real Effective Exchange Rate (REER). Periode yang dihitung perkembangannya adalah tahun 1990-2001 dengan komoditi yang diteliti dibatasi pada komoditas TPT yang menggunakan kode SITC ( Standard Intemasional Trade Classification) 26, SITC 65 dan SITe 84. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat diketahui nahwa komoditas SITC 26 (serat tekstil dan sisa-sisanya), SITC 65 (benang, kain tekstil dan hasil-hasilnya) serta SITC 84 (pakaian) memiliki kecenderungan tingkat daya saingnya (price competitive) selalu meningkat Dari ketiga jenis komoditas TPT tersebut, komoditas SITC 84 (pakaian) memiliki tingkat daya saing yang paling kuat Perubahan daya saing suatu komoditas dipengarubi oleh perubaban harga dari dalam dan luar negeri, pangsa ekspor serta perubahan nilai tukar mata uang. Di sam ping itu kepercayaan dari Luar negeri serta kondisi-kondisi non ekonomi baik sosial maupun politik sangat berpengarub pada-perkembangan daya saing khususnya untuk komoditas TPT Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C 57/03 Ast a
Uncontrolled Keywords: EXPORTS, TEXTILE INDUSTRY
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS1300-1865 Textile industries
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
DWI ASTUTI, 049715611UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSOEKARNOTO, Drs. Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 01 Dec 2016 21:04
Last Modified: 01 Dec 2016 21:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47935
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item