ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPOR KOMODITI PERLENGKAPAN DAN KOMPONEN KENDARAAN BERMOTOR RODA EMPAT ATAU LEBIH YANG BERASAL DARl JEPANG TAHUN 1981-1998

DONA YUNIHARTO, 049514173 (2001) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPOR KOMODITI PERLENGKAPAN DAN KOMPONEN KENDARAAN BERMOTOR RODA EMPAT ATAU LEBIH YANG BERASAL DARl JEPANG TAHUN 1981-1998. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
C 62-01 Yun a.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perdagangan internasional selama ini memiliki peran yang cukup penting artinya dalam perekonomian nasional. Selama periode 198 1-1998 perdagangan luar negeri Indonesia sebagian besar masih melibatkan mitra dagang utama, misalkan Jepang. Dalam periode tersebut peran Jepang utamanya impor, pangsanya cukup besar dalam total impor nasional. khususnya impor komponen·kendaraan bermotor. Dengan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh faktor-faktor yang secara teori diduga menentukan impor komoditi perlengkapan dan komponen kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Di samping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh dominan terhadap impor komoditi yang dimaksud. Sejumlah taktor yaitu POB, harga impor Jepang, harga impor non Jepang, harga dalam negeri komoditi perlengkapan dan komponen kendaraan bermotor roda empat atau lebih diteliti pengaruhnya terhadap impor komoditi perlengkapan dan komponen kendaraan bermotor roda empat atau lebih dari Jepang. Hubungan antara variabel penelitian diuji berdasarkan model regresi yang koefisiennya diestimasi dengan met ode Ordinary Least Square (OLS). Basil penelitian menunjukkan bahwa terbukti secara simultan keempat variabel yang dimaksud, berpengaruh signitikan terhadap impor komoditi perlengkapan dan komponen kendaraan bermotor roda empat atau lebih dari Jepang. Secara parsial. variabel PDB dan harga impor dari Jepang yang memiliki pengaruh sangat signifikan. Penelitian juga menyimpulkan bahwa POB merupakan faktor yang memiliki pengaruh dominan. Berdasarkan hasil penelitian ini diajukan saran yakni kiranya pemerintah dapat menetapkan kebijaksanaan yang pada akhirnya mampu mengurangi ketergantungan Indonesia dari Jepang dalam hal penyediaan komponen kendaraan bermotor. Fakta terakhir menyiratkan bahwa potensi Indonesia yang terkait dengan produksi komponen kendaraan bermotor pada dasarnya cukup kuat untuk menunjang keberadaan industri otomotif nasional yang lebih mapan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C 62/01 Yun a
Uncontrolled Keywords: IMPORTS, INTERNATIONAL
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1-484 Motor vehicles. Cycles
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
DONA YUNIHARTO, 049514173UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSUPRAJITNO, Drs., Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 01 Dec 2016 23:26
Last Modified: 01 Dec 2016 23:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47963
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item