DAMPAK PENGUMUMAN KONVERSI WARAN MENJADI SAHAM BIASA TERHADAP PENDAPATAN ABNORMAL SAHAM

NENENG ZUNAIZAH, 049715742 (2001) DAMPAK PENGUMUMAN KONVERSI WARAN MENJADI SAHAM BIASA TERHADAP PENDAPATAN ABNORMAL SAHAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK B 128-02 ZUN D.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Waran merupakan sejenis opsi yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan yang memungkinkan pemegang waran membeli saham perusahaan tersebut dengan harga yang sudah ditentukan sebelum periode tertentu. Konversi waran menjadi saham biasa, dilakukan pada saat harga saham lebih besar dari exercise price nya, atau jika pemegang waran tersebut tidak melihat adanya kecenderungan kenaikan harga saham, tetapi waran tersebut diterbitkan oleh perusahaan yang memberikan dividen dalam jumlah yang cukup besar. Dengan dikonversinya waran menjadi saham biasa, jumlah saham biasa yang beredar akan bertambah sehingga mengakibatkan turunnya Earning Per Share (EPS) yang kemudian dapat mengakibatkan turunnya harga saham. Peningkatan jumlah saham biasa yang beredar dapat pula mengakibatkan tUlUnnya konsentrasi kepemilikan saham bagi para pemegang saham yang tidak mengkonversi warannya menjadi saham biasa, sehingga mengurangi hak suara (voting rights) para pemegang saham tersebut. Pengumuman konversi waran menjadi saham biasa merupakan informasi yang akan ditangkap investor dan dapat menyebabkan investor bertindak sesuai isyarat yang ditangkapnya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui ada tidaknya pendapatan abnonnal saham (yang diwakili AAR dan CAAR) yang bermakna di sekitar tanggal pengumuman konversi waran menjadi saham biasa. lnformasi tentang pcnl,'llmWllan konversi waran menjadi saham oiasa akan mempunyai dampak terhadap pendapatan abnornal saham jika hipotesis nol ditolak atau hipotesis altenatif diterima. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah event study dan data-data yang digunakan adalah data-data sekunder berupa harga saham harian perusahaan sampel dan IHSG selama periode estimasi dan periode uji Dengan tingkat signitlkansi 5%, diperoleh nilai AAR yang signifikan berbeda dengan nol yaitu pada h+ 1 dan h+ 15, sedangkan nilai CAAR yang signifikan terjadi pada h-14, h+5, h+6, h+8, h+9 dan h+ 15. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pendapatan abnormal ,aham yang bermakna di sekitar langgal pengumuman konversi waran menjadi saham biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: fulltext tidak tersedia
Uncontrolled Keywords: upnormal return, stock
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
NENENG ZUNAIZAH, 049715742UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI. MADE SUDANA, Drs, Ec. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 02 Dec 2016 01:05
Last Modified: 02 Dec 2016 01:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47989
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item