POTENSI DAN MEKANISME ANTIMALARIA METABOLIT SEKUNDER DARI KULIT BATANG TUMBUHAN Dryobalanops oblongifolia Dyer (THE POTENCY AND MECHANISM OF ANTIMALARIAL ACTIVITY OF SECONDARY METABOLITES FROM Dryobalanops oblongifolia Dyer STEM BARK)

INDRIANI, 091170204 (2016) POTENSI DAN MEKANISME ANTIMALARIA METABOLIT SEKUNDER DARI KULIT BATANG TUMBUHAN Dryobalanops oblongifolia Dyer (THE POTENCY AND MECHANISM OF ANTIMALARIAL ACTIVITY OF SECONDARY METABOLITES FROM Dryobalanops oblongifolia Dyer STEM BARK). Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Malaria masih menjadi masalah utama kesehatan penduduk dunia, terutama pada negara-negara tropis berkembang dan negara-negara miskin. Resistensi P. falciparum terhadap hampir semua obat antimalaria menyebabkan adanya kebutuhan yang mendesak untuk pengembangan senyawa antimalaria baru yang dapat digunakan untuk mencegah penyebaran dan mengobati infeksi malaria. Dryobalanops oblongifolia adalah tanaman tropis dari famili Dipterocarpaceae. Dipterocarpaceae diketahui sebagai sumber yang kaya senyawa oligomerstilbenoid dengan bioaktivitas antibakteri dan sitotoksik terhadap P388 sel murine leukemia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan senyawa antimalaria potensial dari ekstrak aseton kulit batang D. oblongifolia. Serbuk kulit batang D. oblongifolia dimaserasi dengan pelarut aseton. Ekstrak aseton dibagi menjadi dua fraksi, yang larut dan tidak larut dalam aseton – dietil eter. Fraksi terlarut aseton – dietil eter dipisahkan dan dimurnikan dengan menggunakan berbagai teknik kromatografi. Struktur metabolit sekunder diidentifikasi berdasarkan data UV, MS, 1H- dan 13C-NMR, 2D NMR, dan perbandingan dengan data literatur. Enam metabolit sekunder yang terdiri dari tiga senyawa fenolik yaitu (-)-ampelopsin F (1), stereoisomer trans-diptoindonesin B (2) and vladinol F (3) serta tiga senyawa non-fenolik stigmastan steroid yaitu 6-hidroksistigmast-4-en-3-on (4), stigmast-4-en- 3-on (5) and 3-hidroksistigmast-5-en-7-on (6) berhasil diisolasi. Senyawa hasil isolasi dilakukan uji aktivitas antimalaria secara in vitro terhadap Plasmodium falciparum 3D7. Hasil uji aktivitas antimalaria menunjukkan bahwa (-)-ampelopsin F dan stereoisomer trans-diptoindonesin B memiliki aktivitas potensial sebagai antimalaria, vladinol F memiliki aktivitas yang baik sebagai antimalaria. Tiga non-fenolik stigmastan steroid (6-hidroksistigmast-4-en-3-on (4), stigmast-4-en-3-on (5) and 3-hidroksistigmast-5-en-7-on (6) hanya memiliki aktivitas antimalaria sedang. Penentuan mekanisme aksi tiga senyawa fenolik dilakukan dengan teknik molekular docking dan uji penghambatan β-hematin. Senyawa fenolik dari (-)-ampelopsin F, stereoisomer trans-diptoindonesin B dan vladinol F menunjukkan interaksi ikatan hidrogen dan van der Waals di daerah sisi aktif plasmepsin II, meskipun ketiga senyawa tersebut bukan calon inhibitor yang potensial terhadap plasmepsin II. Pada uji penghambatan β-hematin, senyawa (-)-ampelopsin F, stereoisomer trans-diptoindonesin B dan vladinol F meununjukkan penghambatan diatas 60%. Oleh karena itu, ketiga senyawa fenolik teridentifikasi sebagai inhibitor potensial. Berdasarkan studi literatur, penelitian keenam metabolit sekunder dan aktivitas antimalaria keenam metabolit sekunder dari D. oblongifolia belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK DIS.M.02/16 Ind p
Uncontrolled Keywords: Dryobalanops oblongifolia Dyer, Plasmodium falciparum,(-)-ampelopsin F,stereoisomer trans-diptoindonesin B, vladinol F, 6-hidroksistigmast-4-en-3-on, stigmast-4-en- 3-on, 3-hidroksistigmast-5-en-7-on, plasmepsin II, β-hematin.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika dan IPA (S3)
Creators:
CreatorsNIM
INDRIANI, 091170204UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi Nyoman Tri Puspaningsih, Prof. Dr., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorNanik Siti Aminah, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 04 Dec 2016 17:38
Last Modified: 03 Jul 2017 23:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48043
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item