PENGARUH PEMERKAYAAN PEKERJAAN TERRADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN BAGIAN PROGRAMER PT. "X" DI BANDUNG

NURWAN BUDIMAN, 049514967 (2004) PENGARUH PEMERKAYAAN PEKERJAAN TERRADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN BAGIAN PROGRAMER PT. "X" DI BANDUNG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 171-04 Bud p.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Desain pekerjaan adalah salah satu tugas yang dikerjakan oleh pihak manajemen perusahaan yang berkenaan dengan suatu cara dimana beberapa tugas dikombinasikan menjadi suatu pekerjaan yang utuh. Pemerkayaan pekerjaan adalah salah satu bentuk desain pekerjaan dimana terdapat pengembangan pekerjaan secara vertikal dalam hal variasi keterampilan, identitas tugas, signifikansi tugas, otonomi dan umpan balik. Pekerjaan yang diperkaya akan berpengaruh terhadap tingginya keadaan psikologis kritikal ( pekeIjaan yang berarti, rasa tanggung jawab, dan pengetahuan ) yang pada gilirannya akan membawa kepada motivasi, kepuasan kerja, dan tingkat produktifitas yang tinggi. PT. "X" adalah perusahaan yang bergerak di pembuatan perangkat lunak komputer. Karena perusahaan ini berbasiskan kreatifitas maka perusahaan ini melakukan pemerkayaan pekerjaan pada karyawannya. Pemerkayaan terhadap karyawan bagian programer dilakukan dengan memberi tambahan tugas bagi programer sehingga pekerjaan yang sekarang menjadi lebih berarti, menambah pengetahuan, dan tanggung jawab karena hampir sebagian besar proses pembuatan software melibatkan tenaga programer. Diharapkan pekerjaan yang diperkaya tadi akan berpangaruh terhadap kepuasan ketja karyawan. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemerkayaan pekeIjaan terhadap kepuasan kerja karyawan bagian programer PT "X", maka diadakanlah penelitian yang melibatkan 35 orang programer. Adapun rumusan masalah yang diajukan adalah a) apakah pemerkayaan pekerjaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan bagian programer? b) apakah pemerkayaan tersebut juga secara sendiri-sendiri berpengaruh pada kepuasan kerja karyawan bagian programer? c) diantara lima karakteristik pemerkayaan peketjaan, faktor manakah yang dominan? Pengujian dilakukan dengan alat uji regresi linear berganda dengan variabel terik.atnya adalah kepuasan kerja (Y) dan variabel bebasnya adalah lima karakteristik pemerkayaan pekeIjaan yaitu variasi keterampilan (Xl), identitas tugas(X2), signifikansi tugas(X3), otonomi (X4)dan umpan batik (X5). Adapun persamaan regresi linear berganda setelah dilakukan perhitungan adalah Y = O,177X1 + O,180X2 + 0,156 X3 + 0,269X4 + 0,148X5 + 0,675 Hipotesis pertama diterima kebenarannya sebab nilai F hitung sebesar 14,380 lebih besar daripada F tabel sebesar 2,54. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa semua variabel pemerkayaan secara parsial befpengaruh terhadap kepuasan ketja karena masing-masing variabel pemerkayaan mempunyai nilai t hitung yang lebih tinggi daripada t tabel sebesar 2,045, dengan demikian hipotesis kedua diterima. Dari kelima variabel pemerkayan pekerjaan variabel mempunyai nilai t hitung yang paling tinggi yaitu 4,279 sehingga hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa variabel otonomi adalah dominan dibandingkan variabel pemerkayaan pekerjaan lainnya dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 171/04 Bud p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION, WORK DESIGN, MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D3 Database management and System design
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
NURWAN BUDIMAN, 049514967UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTIENTJE SOEMARTINI, Dra., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 04 Dec 2016 20:27
Last Modified: 04 Dec 2016 20:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48092
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item