POLA. PEMILIHAN JODOH DAN LINGKARAN PERKAWINAN PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN GRESIK, KABUPATEN GRESIK, JAWA TIMUR ~

LARASATI SUDOMO, 079715526 (2002) POLA. PEMILIHAN JODOH DAN LINGKARAN PERKAWINAN PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN GRESIK, KABUPATEN GRESIK, JAWA TIMUR ~. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRlANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Ant 15-02 Sud p.pdf

Download (206kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mencari adanya kemungkinan pengaruh dari faktor-faktor seperti letak geografis, keadaan sosial budaya, pendidikan, pekerjaan, tempat tinggal dan daerah asal dari masyarakat yang bisa menentukkan pola pemilihan jodoh dan lingkaran perkawinan masyarakat Kecamatan Gresik. Penelitian yang dilakukan bersifat purposive di Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Penentuan responden dilakukan pada anak-anak kelas VI sekolah dasar yang ada di Kecamatan Gresik. Kuisioner diberikan pada para siswa harns diisi dengan sebanar-benamya dan tanpa harus ditulis nama responden. Bantuan dari orang tua dalam mengisi kuisioner sangat diperlukan untuk mengumpulkan data-data yangjelas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tabulasi silang untuk mengetahui pol a perkawinan dan Iingkaran perkawinan masyarakat di Kecamatan Gresik serta pola endogami-eksogami lokaI. Analisis data menunjukkan adanya perkawinan orang tua responden yang memiliki perbedaan agama, pekeIjaan, daerah asal dan tidak memiliki hubungan darah yang dekat dengan pasangannya. Terdapat juga perkawinan orang tua responden yang memiJiki kesamaan di semua faktor. Model perkawinan eksogami lokal banyak dilakukan oleh pasangan orang tua responden sedangkan pada generasi sebelum orang tua responden (kakek-nenek) jarang melakukan perkawinan eksogami karena pada masa itu masyarakat belum terbuka. Tetapi pada masa perkawinan orang tua responden sudah menjadi masyarakat terbuka dengan adanya pembaruan .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis Ant 15-02 Sup p
Uncontrolled Keywords: MATE-SELECTION
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LARASATI SUDOMO, 079715526UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDJOSEF GLINKA SVD, PROF.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 04 Dec 2016 23:31
Last Modified: 21 Jun 2017 16:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48168
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item