RETRIBUSI PASAR SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN DAERAH TINGKAT II NGAWI

OKDWARA SADNAWEKA, 048812901 (1996) RETRIBUSI PASAR SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN DAERAH TINGKAT II NGAWI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
C 599-96.Sad r.pdf

Download (889kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini, otonomi daerah lebih dititik beratkan kepada pemerintah daerah tingkat II. Hal ini erat kai tannya dcmgan fungsi utama pemerintah daerah sebagai penyedia pelayanan kepada masyarakat dan melaksanakan perrbangunan. Pemerintah daerah tingkat II dianggap· sebagai pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat, sehingga mengetahui kebutuhan-kebutuhan sebenarnya dad masyarakat daeralmya. Untuk melaksanakan hal itu dibutuhkan dana. Bagi pemerintah daerah tingkat II dana ini berasal dari luar daerah dan potensi daerah ftu sendiri. Dana dari luar daerah bisa berasal dari pemerintah pusat atau pemerintah oaerah tingkat I. Sedangkan dana yang digali dari daerah itu sendiri atau Pendapatan Asli Daerah (PAD) ini berasal dari pajak daerah, retribusi daerah, perusahaan daerah, penerimaan dinas dan penerimaan lain-lain. Bagi Kabupaten Daerah Tingkat II Ngawi, dari berbagai suwber PAD tersebut, retribusi daerah merupakan sumber yang sangat potensial. Besarnya potensi yang dimiliki retribusi daerah tampak dari kontribusinya terhadap total penerimaan PAD dalarr. 7 tahun terakhir (198811989 -1994/1995) besarnya rata-rata mencapai 80% per tahun. Diantara beberapa komponen penerimaan retribusi daerah yang ada, retribusi pasar merupakan salah satu komponen yang mcmberikan kontribusi paling besar tcrhadap penerimaan retribUSl daerah secara keseluruhan dibandingkan komponen-komponen lainnya yang terdapat dalam pos retcibusi daerah. Sebagai gawbaran, pada 7 tahun terakhir (1988/1989 1994/1995) retribusi pasar mewberikan kontribusi rata-rata sebesar 27% per tahunnya. Dewasa ini dengan makin berkerrbangnya perekonomian di Kabupaten Daerah Tingkat II Ngawi, salah satu darr.paknya adalah makin berkerrbangnya pasar yang ada. Sehingga dapat dipastikan pendapatan yang didapat dari retribusi pasar ini akan lebih meningkat. Dalam tulisan tni akan dibahas faktOc-faktor yang mempengaruhi retribusi pasar di Kabupaten Daerah Tingkat II Ngawi. Faktor-faktor itu adalah Jumlah pedagang, kesadaran pedagang, disiplin petugas pcnarik rctribusi serta besarnya tarif retribusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK=-2 599/96 Sad r
Uncontrolled Keywords: RETRIBUTION, INCOME
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4629-4830 Income tax
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
OKDWARA SADNAWEKA, 048812901UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBUSTANI BERACHIM, Drs., Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 05 Dec 2016 00:04
Last Modified: 05 Dec 2016 00:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48193
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item