ANALISIS FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ,KEUNTUNGAN PETANI JAGUNG (STUDI KASUS D1 OESA PADANGAN KECAMATAN PAGU KABUPATEN KEDIRI)

LISTIYO PRIHATINI SUSANTI, 049013424 (1996) ANALISIS FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ,KEUNTUNGAN PETANI JAGUNG (STUDI KASUS D1 OESA PADANGAN KECAMATAN PAGU KABUPATEN KEDIRI). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
C 617-96.Sus a.pdf

Download (898kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peranan j agung sebagai bahan makanan po~:ok alternatif masyarakat Indonesia, masih sangat dominan sebab jagung memiliki banyak kelebihan. Kebutuhan akan jagung meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Oleh karena itu upaya pemenuhan kebutuhan jagung dari hasil usaha sendiri sangatlah penting. Upaya peningkatan prbduksi jagung disamping untuk penganef:aragaman bahan makanan' dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan dan peningkatan gizi masyarakat, juga ditujukan untuk menLlnjang industri pengolahan dalam negeri* Propinsi Jawa Timur merupakan sentra produksi Jagung te,-besar di Indonesia. KabLlpaten Kediri merupakan sentra produksi jagung dengan produksi rata-rata terbesar di Jawa Timur. Dengan adanya keterbatasan tanah dan faktor-faktor produksi lain, seperti : bibit unggul, pupuk dan insektisida, maka diperlukan upaya-upaya yang efektif dalam memproduksi jagung. Dengan demikian dapat dicapai tingkat prodLlksi yang maksimal tanpa mengabaikan unsur biaya. produksi yang dikeluarkan. Sehingga dapat dicapai keuntungan yang maksimal. Pada penelitian ini dibahas faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan petani jagung di daerah penelitian. Hasil analisa menunjukkan bahwa harga faktor-faktor produksi (bibit, pupuk, insektisida, tenaga kerj a dan paj ak tanah) mempengaruhi keun tungan yang diterima para petani jagung di daerah penelitian. Sebab harga faktor-faktor produksi mempengaruhi biaya produksi yang dikeluarkan untuk penggunaan faktor-faktor produksi tersebut, yang pada gilirannya akan mempengaru'hi keuntungan yang diterima para petani jagung di daerah penelitian. Di sisi lain, penggunaan faktor-faktor produ~.si mempengaruhi produksi yang dihasilkan, yang pada gilirannya juga akan mempengaruhi keuntungan yang diterima para petani jagung di da~rah pen~litian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C 615/96 Sus a
Uncontrolled Keywords: AGRICULTURE
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LISTIYO PRIHATINI SUSANTI, 049013424UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSITI UMAYAH, Dra. Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 05 Dec 2016 00:41
Last Modified: 05 Dec 2016 00:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48206
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item