LANGKAH-LANGKAH EUROPEAN UNION DALAM MENGHADAPI GUGATAN-GUGATAN ASING ATAS BANANA TRADE REGIME DALAM FORUM WORLD TRADE ORGANIZATION

CITRA ANANDYA, 079916017 (2004) LANGKAH-LANGKAH EUROPEAN UNION DALAM MENGHADAPI GUGATAN-GUGATAN ASING ATAS BANANA TRADE REGIME DALAM FORUM WORLD TRADE ORGANIZATION. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS HI 23-04 ANA L.pdf

Download (256kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menggambarkan langkah-langkah European Union (EU) ketika menghadapi tuntutan-tuntutan Equador, Guatemala, Honduras, Meksiko dan Amerika Serikat dalam forum World Trade Organization (WTO) berkaitan dengan persoalan regime perdagangan pisang EU atau Banana Trade Regime 1993. Persoalan ini diajukan kepada Dispute Settlement Body (DSB) yakni badan penyelesaian pertikaian WTO dan dibahas dalam 2 panel yakni panel Bananas III dan Bananas IV. Dengan penggambaran tersebut, maka dapat diketahui langkahlangkah suatu badan suprastate seperti EU dalam menghadapi tuntutan dari pihak asing di forum WTO serta peran DSB dalam menyelesaikan perkara sengketa yang diajukan ke WTO. T eori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Hegemonic Stability. T eori ini memiliki dasar pemikiran bahwa stabilitas dan liberalisasi perdagangan intemasional bergantung pada eksistensi sebuah hegemon, yakni sesuatu yang mampu dan bersedia untuk menyediakan milik masyarakat intemasional, seperti hukurn, dan nilai mata uang yang stabil bagi perdagangan. Dalam kasus ini, WTO merupakan hegemon sistem perdagangan internasional. Sebagai sebuah hegemon, WTO memiliki kemampuan dan kemauan untuk mendominasi sistem perdagangan intemasional demi menstabilkan dan meliberalkan perdagangan intemasional. Oleh sebab itu WTO membentuk suatu badan penyelesaian pertikaian sebagai salah satu sarana pencapaian tujuan tersebut. Fungsi dari badan ini adalah meluruskan pelanggaran-pelanggaran yang dilak"Ukan oleh anggota-anggota WTO agar stabilitas perdagangan internasional tetap teIjaga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode analisis kualitatif Penelitian ini dimulai dari tahun 1996 ketika panel Bananas III dibentuk dan memulai sidangnya. Penelitian ini berakhir pada tahun 2002 ketika EU mengeluarkan kebijakan baru yang disesuaikan dengan rekomendasi DSB. Pada tahun 1998, EU menetapkan dua regulasi yakni Regulation 1637 dan Regulation 2362 sebagai revisi dari Banana Trade Regime 1993 sebagai langkah menghadapi hasil-hasil panel Bananas III. Sedangkan menghadapi hasil-hasil panel Bananas IV, pada tahun 2001 EU menetapkan kebijakan tariff-only yang akan berlaku mulai tanggal 1 Januari 2006.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK- FIS HI 23-04 ANA L
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL RELATIONS
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
CITRA ANANDYA, 079916017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMuttagien, M., S. IP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 05 Dec 2016 16:37
Last Modified: 21 Jun 2017 18:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48243
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item