KEBIJAKAN NEOLIBERALISME DAN INVESTASI ASING DALAM PEMERINTAHAN ARGENTINA (Studi Deakriptil Ekaplanatif tentang Kebijakan Neoliberalilme dan Investasi Asing di Argentina pada Masa Pemerintahan Carlos Menem Tahun 1989 -1994)

ENDY ALlM ABDI NUSA, 079715519 (2004) KEBIJAKAN NEOLIBERALISME DAN INVESTASI ASING DALAM PEMERINTAHAN ARGENTINA (Studi Deakriptil Ekaplanatif tentang Kebijakan Neoliberalilme dan Investasi Asing di Argentina pada Masa Pemerintahan Carlos Menem Tahun 1989 -1994). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS HI 26-04 NUS K.pdf

Download (228kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Argentina merupakan negara yang memiliki perekonomian besar pada tabun 1930 an, perubahan sistem ekonomi intemasiona1 dan terjadinya perang dunia I dan II menyebabkan krisis ekonomi yang berkepanjangan di Negara ini. Kepemimpinan yang jatuh silih berganti dan seringnya terjadi konflik dan pergolakan politik semakin menyebabkan negara ini semakin terpuruk dalam bidang ekonomi. Munculnya paham Peronist yang melakukan pendekatan populis kepada rakyat Argentina kembali mengembalikan kejayaan Argentina pada tabun 1960'an dibawah presiden Juan Peron. Begitu besar pengaruh partai ini sehingga sampai saat ini partai peronist(PJ) memiliki banyak pendukung, khususnya kalangan buruh. Munculnya Menem seorang penganut paham peronist, sebagai presiden Argentina pada pemilihan umum tabun 1989, menyebabkan rakyat Argentina (yang selama beberapa dekade mengalami krisis ekonomi) kembali menaruh harapan besar akan kembalinya kejayaan negara Argentina seperti pada masa Peron. Tetapi yang terjadi adalah sebaliknya, Menem melakukan kebijakan yang membalik semua apa yang telah dilakukan oleh Peron pada tahun 1960'an, yaitu kebijakan neoliberal. Penulisan skripsi ini berusaha menjelaskan bagaimana Menem melakukan kebijakan neoliberal yang berbasis populisme di Argentina serta apa yang menyebabkan Menem melakukan kebijakan tersebut. Ruang lingkup penelitian berkisar dari awal Menem menjadi presiden Argentina pada tabun 1989 sampai pada akhir jabatan yang pertama tabun 1994. Penelitian ini menggunakan unit analisis negara menurut John. T. Rourke dengan tingkat eksplanasi Individu dan negara. Masing-masing tingkat eksplanasi akan dijelaskan dengan teori yang berbeda. Peringkat eksplansi individu dijelaskan dengan teori persepsi, negara dengan pemikiran neoliberal dan populis serta sistem intemasional dengan teori structural adjustment. Hipotesis yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah: pengaruh kondisi ekonomi Argentina yang sedang hancur pada saat itu serta kondisi politik Argentina yang menyebabkan Menem melakukan kebijakan neoliberal yang berbasis populis. Melalui studi pustaka dan analisis data, berdasarkan teori-teori diatas kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian eksplanatif ini temyata mendukung hipotesis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 26-04 NUS K
Uncontrolled Keywords: ARGENTINA - ECONOMIC CONDITIONS
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
ENDY ALlM ABDI NUSA, 079715519UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIED-, -UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 05 Dec 2016 17:48
Last Modified: 21 Jun 2017 20:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48267
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item