KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT TERHADAP INDIA DALAM BIDANG PERTAHANAN DAN KEAMANAN PERIODE TAHUN 2001-2003

SELVY NADIA PANJAITAN, 079916027 (2004) KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT TERHADAP INDIA DALAM BIDANG PERTAHANAN DAN KEAMANAN PERIODE TAHUN 2001-2003. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS HI 28-04 PAN K.pdf

Download (244kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

lsu-isu seputar pertahanan dan keamanan tidak akan lekang oleb jaman. Kedua bal tersebut akan selalu mewarnai percaturan internasional. lsu-isu terorisme dan senjata pemusnah masal serta munculnya Cina sebagai kekuatan besar yang dapat mengimbangi kekuatan dan pengaruh Amerika Serikat di kawasan Asia merupakan beberapa contob dari isu-isu seputar hal pertahanan dan keamanan. Hal inilah yang kemudian mendasari penetapan Kebijakan Luar Negeri Amerika Serikat dalam bidang pertahanan dan Keamanan. Sesuai dengan rumusan permasalahan yang ada maka dicoba untuk diteliti dan diberikan gambaran mengenai Kebijakan Luar Negeri Amerika Serikat terbadap India dalam bidang pertahanan dan Keamanan dalam kurun waktu 2001 hingga 2003. Adapun kerangka teori yang digunakan sebagai pembantu adalah konsep Kepentingan Nasional, teori Kebijakan Luar Negeri dan teori Strategi. Sedangkan peringkat analisis yang digunakan adalab level negara-bangsa, karena untuk mencermati kepentingan nasional suatu negara dalam penerapan Kebijakan Luar Negerinya. Defenisi konseptual serta operasional ditetapkan sebanyak tiga buah yaitu Pertahanan dan keamanan; Kebijakan Luar Negeri serta Strategi. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskripstif-eksplanatif. Salah satu hal yang tercantum dalam Kebijakan Luar Negeri Amerika Serikat adalah mengenai pertahanan dan keamanan yang memiliki tujuan untuk melindungi dan mempertahankan kelangsungan hidup bangsa Amerika Serikat dan segenap institusi yang ada didalamnya. Dalam memenubi kepentingan nasionalnya tersebut Amerika Serikat memerlukan negara lain untuk memenuhinya. Salah satunya adalah India. Kapabilitas India cukup dapat menarik minat Amerika Serikat untuk berkerjasama. Utamanya dalam hal perang melawan gerakan terorisme. Sebab saat ini kawasan Asia Selatan disinyalir merupakan sarang dan surganya bagi gerakan terorisme. Sebingga keIjasama dengan India dinilai perlu adanya. Selain itu India dianggap dapat mampu menjaga stabilitas kawasan tersebut dari adanya perlombaan senjata nuklir. Serta yang terakhir, india dianggap dapat mampu mengimbangi kekuatan Cina dikawasan Asia sebingga India secara tidak langsung dapat memberikan jaminan keamanan pada negara negara sekutu Amerika Serikat di Asia Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 28-04 PAN K
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL RELATIONS
Subjects: E History America > E151 United States (General)
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SELVY NADIA PANJAITAN, 079916027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorM. Muttaqien, S.IPUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 05 Dec 2016 18:12
Last Modified: 21 Jun 2017 21:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48278
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item