KETERLIBATAN LAOS DALAM PERUMUSAN DAN PENANDATANGANAN KERANGKA KERJA ASEAN INVESTMENT AREA (AlA)

Tania Dessy Damayanti, 079615032 (2002) KETERLIBATAN LAOS DALAM PERUMUSAN DAN PENANDATANGANAN KERANGKA KERJA ASEAN INVESTMENT AREA (AlA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS HI 31 01 Dam k.pdf

Download (110kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

lnvestasi adalah salah satu sumber dana penting bagi pembangunan ekonomi suatu negara, termasuk negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN. ASEAN menyadari hal ini oleh karena itu sejak lama telah merintis kerja sarna dalam bidang investasi. Bahkan telah mulai memikirkan untuk membetuk suatu wilayah investasi ASEAN yang adalah suatu wilayah investasi tunggal di mana di dalamnya investor dapat menikmati banyak kemudahan yang di tawarkan, termasuk perlakuan nasional. Keputusan ini di dasari oleh kenyataan bahwa selama ini wilayah Asia Tenggara adalah wilayah penerima investasi terbesar di dunia, sehingga apabila ada koordinasi kebijakan secara menyeluruh di wilayah Asia Tenggara diharapkan nilai investasi yang masuk akan lebih besar lagi. Salah satu langkah besar dalam keJja sarna investasi ASEAN adalah berhasil disusunnya suatu Kerangka Kerja ASEAN Investment Area (AlA) pada bulan Oktober 1998. Laos sebagai negara anggota ASEAN kesembilan juga menyadari hal ini. Apalagi Laos juga telah menerapkan sistem ekonomi terbuka dalam sistem politik sosialisnya, oleh karena itu keberadaan investasi sebagai salah satu sumber dana pembangunan ekonomi Laos juga penting. Laos juga turnt serta menandatangani perumusan Kerangka Kerja AlA, di mana di dalamnya terdapat beberapa kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Laos dan negara anggota lain dalam rangka mewujudkan AlA. Penelitian ini menjelaskan tentang sebab-sebab Laos turut serta dalam perumusan dan penandatangan Kerangka KeJja AlA. Didalamnya digunakan beberapa teori dan konsep tertentu seperti kepentingan nasional, kebijakan luar negeri, investasi, dan integrasi. Digunakan juga tingkat analisis negara-bangsa dan sistemik untuk memperlacar upaya pemecahan permasalahan. Disimpulkan kemudian keputusan Laos untuk turut serta dalam menandatangani kerangka kerja tersebut di dasari oleh beberapa faktor yang mempengaruhi. Faktor-faktor tersebut dibagi menjadi dua, yaitu faktor penarik yang berhubungan dengan kondisi perekonomian eksternal Laos dan keeenderungan-keeenderungan di dalamnya; serta faktor pendorong yang termasuk di dalamnya adalah kondisi internal Laos baik itu kondisi sosial, politik dan juga ekonomi Laos. Faktor-faktor tersebut menjadi pertimbangan Laos hingga akhirnya Laos memutuskan untuk turut serta menandatangani Kerangka Kerja AlA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 31-01 DAM K
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL RELATIONS
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ4835-5490 International organizations and associations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Tania Dessy Damayanti, 079615032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAjar Triharso, Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 05 Dec 2016 18:42
Last Modified: 05 Dec 2016 18:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48292
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item