PENERAPAN KONSEP NILAI TAMBAH UNTUK MENGUKUR KINERJA EKONOMIK DAN SOSIAL PADA PT. (PERSERO) PENGEMBANGAN PARIWISATA BALI (BALI TOURISM DEVELOPMENT CORPORATION)

FERRYANA, 049514886 (2000) PENERAPAN KONSEP NILAI TAMBAH UNTUK MENGUKUR KINERJA EKONOMIK DAN SOSIAL PADA PT. (PERSERO) PENGEMBANGAN PARIWISATA BALI (BALI TOURISM DEVELOPMENT CORPORATION). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 201-00 Fer p.pdf

Download (306kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Akibat tuntutan-tuntutan ekstemal terhadap perusahaan berkaitan dengan masalah-masalah sosial semakin tinggi, perusahaan harus menyadari bahwa dalam kegiatan operasinya secara langsung maupun tidak langsung, terus berinteraksi dalam lingkungan sosialnya. Sumber-sumber ekonomi yang digunakan oleh perusahaan semuanya berasal dari masyarakat, oleh karena itu sepantasnyalah perusahaan memberikan informasi kepada masyarakat tentang penggunaan sumber ekonomi tersebut. Dengan adanya tuntutan baik dari segi ekonomis maupun sosial, maka perlu adanya pengukuran kinerja perusahaan yang menyangkut sisi ekonomik· dan sosialnya. PT. (Persero) Pengembangan Pariwisata Bali (Bali Tourism Development Corporation-BTDC) merupakan BUMN yang bergerak dalam bidang pengelolaan kawasan wisata terpadu, sebagai BUMN BTDC mengemban dua misi utama yaitu misi ekonomi dan sosial. Misi ekonomi BTDC adalah untuk memperoleh laba yang optimal. (Profit oriented) sehingga mampu memberi penge~balian yang wajar atas investasi pemegang saham, dalam hal ini negara. Dilain pihak misi sosial BTDC adalah sebagai agen pembangunan (agem oj development) bagi masyarakat di lingkungannya. Yang menjadi perhatian penulis penulis terhadap BTDC adalah bagaimanakah kinerja ekonomik dan sosial yang telah dilaksanakan oleh BIDC dapat diukur secara kuantttatifUntuk itu penulis menerapkan konsep nilai tam6ah (value added concept) untuk menilai kinerja ekonomik maupun kinerja sosial PT. (Persero) BTDC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan konsep nilai tambah dalam pertanggungjawaban sosial pada BTDC dan bagaimanakah kinerja ekonomik dan sosial BTDC dengan menerapkan konsep nilai tambah. ' Simpulan dari penelitian ini adalah laporan nilai tambah sebagai altematif pelaporan keuangan membantu menilai kontribusi sosial yang didistribusikan PT. (Persero) BIDC, dan juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pengukuran kinerja ekonomik melalui indeks efisiensi (produktifitas) nilai tambah yang diha-silkan BTDC. Lebih jauh lagi laporan nilai tambah menyajikan informasi keuangan yang lebih rei evan dan akurat kepada pihak yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FERRYANA, 049514886UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 05 Dec 2016 21:04
Last Modified: 04 Jun 2017 18:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48347
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item