EVALUASI SISTEM PELAPORAN KANTOR CABANG KEPADA KANTOR PUSAT PADA PATRA SURABAYA HILTON INTERNATIONAL

I MADE SUGIANYAR, 049715751 (2002) EVALUASI SISTEM PELAPORAN KANTOR CABANG KEPADA KANTOR PUSAT PADA PATRA SURABAYA HILTON INTERNATIONAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 260-02 SUG E-edt.pdf

Download (381kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan didirikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memperoleh keuntungan. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai daerah geografis yang berbeda, perusahaan harus memperluas daerah pemasarannya. Perluasan daerah pemasaran dapat ditempuh melalui berbagai eara seperti pengiriman tenaga penjualan, pembentukan agen (agency) serta pembentukan cabang (branch). Pada perusahaan perhoteian pembentukan cabang adalah yang paling ideal, karena terjadi kontak erat antara perusahaan dengan konsumennya. Terlebih lagi perusahaan perhotelan termasuk dalam hospitality industry (industri keramahan) yang mengharuskan perusahaan melakukan <ramah tamah' pada konsumennya agar betah menggunakan fasilitas hoteL Demikian juga dengan PT Patra Indonesia dengan adanya potensi konsumen perhotelan di Surabaya didirikan eabang Patra. Surabaya Hilton InternationaL Walaupun seeara operasional berdiri sendiri, namun secara ekonomis kantor eabang merupakan bagian dari suatu perusahaan. Karena itu pimpinan kantor eabang harus mempertanggungjawabkan otonomi yang diberikan oleh kantor pusat. Pertanggungjawaban tersebut ditempuh melalui penerapan sistem pelaporan kantor eabang kepada kantor pusat. Dalam penelitian ini difokuskan pada memadai atau tidaknya sistem pelaporan kantor eabang Pada Patra Surabaya kepada kantor pusatnya. Dalam sistem pelaporan tersebut terkait dengan kebutuhan informasi kantor pus at yang dapat digunakan dalam melakukan pengawasan terhadap operasi kantor eabang, kemampuan kantor eabang dalam memenuhi kebutuhan informasi kantor pusat tersebut serta kualitas informasi yang disampaikan. Dari penelitian diketahui sistem informasi akuntansi kantor cabang Patra Surabaya Hilton International telah mampu menyediakan informasi yang memadai dan berkualitas kepada kantor pusat. Kelemahan yang ada adalah kurangnya sumber daya manusia yang mengawasi dan memelihara sistem terkomputerisasi yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 260/02 Sug e
Uncontrolled Keywords: EVALUATION REPORT
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
I MADE SUGIANYAR, 049715751UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantEDI SUBYAKTO, Drs, AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:41
Last Modified: 06 Dec 2016 02:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48435
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item