GANGGUAN SPERMATOGENESIS DAN KONDISI SPERMATOZOA MENCIT (Mus musculus) AKIBAT IRRADIASI SINAR GAMMA

RAHMA WIDIANTIE, 080012168 (2005) GANGGUAN SPERMATOGENESIS DAN KONDISI SPERMATOZOA MENCIT (Mus musculus) AKIBAT IRRADIASI SINAR GAMMA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK MPB 43 05 Wid g.pdf

Download (174kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh irradiasi sinar gamma Cobalt 60 terhadap fertilitas mendt ( Mus Musculus) jantan ditinjau dari motilitas spermatozoa, morfologi spermatozoa, dan kondisi sel-sel spermatogenik penyusun tubulus seminiferus. Selain itu juga diteliti adanya kemampuan untuk: melakukan proses pemulihan (recovery) terhadap jaringan testis yang rusak akibat irradiasi sinar gamma Cobalt 60 dengan dosis 30y dan 4Gy. Penelitian ini menggunakan hewan coba berupa 75 ekor mencit jantan strain BAL B/C herumur 2-3 bulan dengan herat badan 20-30 gram. Dosis irradiasi yang digunakan adalah 3Oy, 4Gy dan kontrol (tanpa irradiasi). Waktu pengamatan yaitu 1 ban, 8 hari, 15 hari, 22 hari, dan 29 hari setelah irradiasi. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang dibagi menjadi 3 perlakuan dosis, 5 waktu pengamatan dan 5 perulangan pengamatan. Pada tiap-tiap kelompok perlakuan hewan coba dibedah dan diarnati motilitas spermatozoa, morfologi spermatozoa dan kondisi sel-sel sperrnatogenik penyusun tubulus seminiferus. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Anava (analisis varians) satu arab. Bila menunjukkan perbedaan yang hennakna maka dilakukan uji BNT (Beda Nyata Terkecil). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan secara nyata ~,05) baik pada persentase jumlah motilitas spermatozoa, morfologi spermatozoa dan kondisi sel-sel spermatogeniknya, yaitu sel spermatogonium, spennatosit dan spennatid oval. Hal ini menunjukkan bahwa irradiasi sinar gamma Cobalt 60 dosis 3 Gy dan 4 Oy dapat mempengaruhi persentase jumlah motilitas dan morfologi spennatozoa serta kondisi jaringan testis mendt. Dan sampai pengamatan pada hari ke 29 setelah irradiasi sudah menunjukkan adanya proses recovery pada dosis 3 Gydan4 Gy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 43/05 Wid g FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: SPERMATOGENESIS, RADIATION, Gamma Cobalt 60, Sel Spermatogenik, Spermatozoa Testis.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH1 Natural history (General - Including nature conservation, geographical distribution)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
RAHMA WIDIANTIE, 080012168UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWin Darmanto, Drs., M.Si., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 06 Dec 2016 17:11
Last Modified: 06 Dec 2016 17:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48444
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item