KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KOPERASI STUDI IMPLEMENTASI PROGRAM DANA BERGULIR UNTUK KOPONTREN DI WlLAYAH JAWA TIMUR MELALUI PROVEK PENINGKATAN KEMANDIRIAN RAKYAT "P 2 K E R "

FARAH NITA KUSUMA WARDANI, 079715502 (2002) KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KOPERASI STUDI IMPLEMENTASI PROGRAM DANA BERGULIR UNTUK KOPONTREN DI WlLAYAH JAWA TIMUR MELALUI PROVEK PENINGKATAN KEMANDIRIAN RAKYAT "P 2 K E R ". Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis AN 12-03.war k.pdf

Download (182kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Fokus penelitian ini adalah jawaban, bagaimana pelaksanaan P2KER di wilayah Jawa Timur khususnya di wilayah Ma/ang dan Kediri, serta faktor-faktor apa yang mempengaruhi Implementasi tersebut. Hal ini didasarkan pada fenomena empiris bahwa Implementasi P2KER belum sepunuhnya optimal dan masih terdapat adanya hambatan dalam pelaksanaan di lapangannya. Karena itu penelitian ini tidak sekedar menggambarkan Implementasi P2KER, juga menjelaskan faktorfaktor yang mempengaruhinya. Tipe penelitian yang digunakan adalah dengan menggl\nakan Tipe penelitian eksplanasi, yang tidak hanya mendiskripsikan fenomena tetapi juga menjelaskan femomena yang mempengaruhi pelaksanaannya, serta mencari hubungan antar gejala dan faktor yang muncul dalam femonema pengumpulan data. Dilakukan dengan metode wawancara secara langsung dengan informan memakai teknis pengambilan sampel purposive atas dasar apa yang diketahui dengan variasi dan beserta elemen yang ada, yang terkait dengan Implementasi P2KER. Observasi dilakukan dengan sikap atau komitmen pelaksana dalam pelaksanaan tugasnya. Penggunaan dokumen untuk memperoleh dat-data tentang pencapaian P2KER baik dan laporan bulanan maupun buku tentang petunjuk pelaksanaan P2KER. Untuk memberikan keabsahan data, digunakan triangulasi sumber data denga membandingkan data kecil wawancara, hasil pengamatan dan dokumen yang ada. Analisis data dilakukan dengan analisa data kualitatif, karena data yang diperoleh kebanyakan berupa kata-kata yang berkisar pada data kualitatif. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa pada umumnya Implementasi P2KER di Kabupaten Malang dan Kediri telah dilaksanakan dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa yang menyimpang diantaranya dalam alokasi dana P2KER oleh kelompok sasaran .. Kopontren n kadangkala tidak sesuai dengan sasaran proyek. Dimana program P2KER lebih ditekankan untuk kegiatan unit Usaha Simpan Pinjam, namun dana terse but mati total atau dana berada ditangan Ketua/ Pemimpin Pondok Pesantren ( Kyainya ) sehingga dana tersebut tidak dapat dialokasikan kepada anggotanya. Hasil identifikasi masalah melalui varibel penelitian yang mengacu pada pendapat Edward, yang menyakini ada empat faktor yang mempengaruhi Implementasi, yaitu sektor birokrasi, sumber daya, komunikasi dan sikap pelaksana serta dukungan kelompok sasaran yang telah· mengadopsi dari pendapat Grindle tentang kepentingan yang dipengaruhinya. Menunjukkan bahwa masih banyak kekurangan-kekurangan dan kelemahan dalam pelaksanaan Implementasi program P2KER. Adapun hambatan utamanya adalah masih terbatasnya Sumber Daya Manusia (SDM) dilingkungan Kopontrennya terutama dalam masalah ekonomi yaitu masalah pembukuan untuk pengisian dan perhitungan keuntungan bagi hasil yang diperoleh Kopontren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK An 12-03 War k
Uncontrolled Keywords: FUNDS, MANAGEMENT, COOPERATIVES
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FARAH NITA KUSUMA WARDANI, 079715502UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDGITADI TEGAS., Drs. SP. MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 06 Dec 2016 18:09
Last Modified: 06 Dec 2016 18:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48455
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item