STRATEGI PROMOSI PRODUK HOTEL (STUDI DESKRIPTIF TENTANG STRATEGI PROMOSI PRODUK YANG DIJALANKAN OLEH HOTEL MAJAPAHIT MANDARIN ORIENTAL SURABAYA)

SANDY ARDIANTO, 079710247-S (2001) STRATEGI PROMOSI PRODUK HOTEL (STUDI DESKRIPTIF TENTANG STRATEGI PROMOSI PRODUK YANG DIJALANKAN OLEH HOTEL MAJAPAHIT MANDARIN ORIENTAL SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PW 04-02 Ard s.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Surabaya adalah sebagai kota Bisnis dan Industri mempunyai berbagai ragam bidang -bidang industri dan perusahaan. Salah satu usaha yang kini telah merambat dan berkembang cukup pesat adalah Industri Jasa berupa penyediaan sarana akomodasi untuk wisata. Hotel sebagai salah satu tempat penyedia sarana akomodasi tidak luput dari perkembangan kearah kemajuan. Hotel Majapahit adalah salah satu hotel di Surabaya yang mencoba ikut berkembang maju untuk menyikapi perkembangan tersebut. Persaingan diantara industn hotel tak dapat dihindari dengan maraknya bisnis tersebut. Salah satu penyikapan dari kondisi persaingan ini adalah dengan cara melakukan strategi -strategi khusus dalam bidang Promosi Produk. Fokus dari penelitian ini adalah untuk melihat dan mengamati Strategi Promosi yang dilakukan Hotel Majavahit Mandarin Oriental. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dim ana peneliti ini menghasilkan dan mengolah data yang bersifat deskriptif dan basil akhimya tampak lebih mendetail seperti transkrip, wawancara, cetakan lapangan, maupun bahan dokumen lain. Dalam mengumpulkan infonnasi penelitian yang mempunyai lokasi penelitian di hotel Majapahit jalan Tunjungan 65 Surabaya im penults memilih informan yang be1jumlah 3 (tiga) orang yaitu Staff Public Relation, Staff Pemasaran, dan seorang lagi adalah staff Indigo Restaurant karena penulis memandang mereka adalah pihak yang tabu dan pelaku dalam promosi. Tekhnik pengimpilan data yang dilakukan oleh penulis ialah dengan menggunakan wawancara yang didasarkan sepenuhnya pada perkembangan pertanyaan pertanyaan secara spontan. Selain wawancara, penulis juga melakukan pengamatan atau observasi non partisipan dimana pengamatan dilakukan secara langsung dan secara terbuka, penulis tidak mengambil bagian dalam kegiatan pekeIjaan tertentu. Dalam menganalisa data dilakukan secara induktif, dimana setelah mendapatkan data -data penulis membaca kembali data-data secara mendetail dan memberi tanda pada pembicaraan dan kutipa..'1 penting untuk memudahkan penulis dalam mencari sumber informasi yang dibutuhkan. Dalam melakukan strategi promosi, seorang Public Relation ataupun Pemasar melihat segmen pasar yang akan dituju, juga melihat kelebihan dan kelemahan produk yang akan ditawarkan. Promosi tersebut melalui empat cara pokok yaitu melalui Periklanan, Promosi Penjuaian, Publisitas dan penjualan personal. Strategi promosi dijalankan oleh dua perangkat hotel yaitu Public Relation & Sales Marketing departement yang menggunakan komponen -komponen media promosi berupa leaflet, brosur dan berbagai media lainnya yang dipandang efektif.Hasilnya adalah bahwa media-media ini menjalankan fungsi sebagai penarik dan publisitas bagi produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PW 04/02 Ard s FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: HOTELS, MARKETING, PRODUCT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SANDY ARDIANTO, 079710247-SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEDWIN FIATIANO, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 06 Dec 2016 18:34
Last Modified: 05 Jun 2017 22:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48463
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item