PROSES SELEKSI PEGAWAI BARU DI HOTEL (STUDI DESKRIPTIF MENGENAI PROSES PELAKSANAAN WAWANCARA DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGIS DI HOTEL MAJAPAHIT MANDARIN ORIENTAL SURABAYA)

YENI KUSUMANINGRUM, 079810409-S (2001) PROSES SELEKSI PEGAWAI BARU DI HOTEL (STUDI DESKRIPTIF MENGENAI PROSES PELAKSANAAN WAWANCARA DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGIS DI HOTEL MAJAPAHIT MANDARIN ORIENTAL SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PW 07-02 Kus p.pdf

Download (341kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan yang baik haruslah dilakukan oleh profesional yang baik dan berkualitas pula, oleh karena itu timbul tantangan bagi Human Resources Department Hotel Majapahit untuk mendapatkan pribadi pribadi berkualitas yang sesuai dengan harapan. Oleh karena itu peneliti merumuskan sebuah permasalahan mengenai bagaimana Proses Seleksi Pegawai Baru di Hotel dellgan menggunakan Metode Wawancara Melalui Pendekatan psikologis. Penelitian im bertujuan untuk mempelajari sekaligus mengetahui pelaksanaan proses seleksi dan rekruitmen pegawai barn, mengetahui pelaksanaan wawancara dengan pendekatan psikologis serta permasalahan internal dan ekternal yang timbul berikut solusi yang dilakukan, sehingga memberikan banyak manfaat bagi berbagai kalangan khsususnya para pencari kerja. Penelitian ini menggunakan tipe peneltian deskriptifkualitatif, sedangkan lokasi yang dipilih adalah Hotel Majapahit Mandarin Oriental Surabaya karena peneliti telah terlibat secara penuh dalam kurun waktu 3 bulan sebagai trainee di Human Resources Department Hotel Majapahit. dimana memfokuskan pelaksanaan wawancara dalam menyeleksi calon pegawai barunya. Sebagai informan dalam pene1itian ini peneliti memilih 3 persone1 dari HRD dan beberapa karyawan serta cal on karyawan di Hotel Majapahit dengan menggunakan metode purposive sampling. Sedangkan pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui metode wawancara. observasi dan penggunaan bah an dokumen. selanjutnya data dianalisa dengan interpretasi kualitatif. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa pelaksanaan proses seleksi dimulai dari penentuan sumber tenaga kerja lalu dilakukan proses penarikan mulai dan pengisian fonnulir lamaran, wawancara, test formal (test tertulis, test psikologi, test analisa penghitungan khusus untuk pelamar di bagian accounting, dan test fisik), Dilakukan pula wawancara dengan pendekatan psikologis yang dilakukan untuk mengetahui sisi-sisi tersembunyi di balik kepribadian pelamar dengan melakukan penelusuran informasi motivasi kerja pelamar serta membaca kepribadian dan temperamen mereka dengan penggolongan tipe extrovert, introvert, siklotimik, dan sishotimik. Pennasalahan internal dan external yang timbul adalah pengaruh penampilan pelamar, pengajuan pertanyaan. promosi pegawai, pemberian kompensasi, kondisi pasar tenaga kerja, ketidaksesuaian kualitas pelamar, dan kebiasaan penarikan. Sedangkan solusi yang ditemukan adalah pelaksanaan wawancara secara bergantian dengan pertanyaan yang mendasar, menghindari peningkatan pengangkatan pegawai promosi, penyesuaian jwnlah kompensasi, penyesuaian persyaratan jabatan dan pembaharuan terhadap berbagai formulir test. Peneliti memberikan saran mengenai perubahan yang perlu dilakukan sehubungan dengan pelaksanaan test psikologis, pengurangan Jumlah personel dalam satu ruangan wawancara, dan pemngkatan penilaian psikologis untuk menghindari penerimaan pegawai yang tidak sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PW 07/02 Kus p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: RECRUITMENT, HOTELS, MANAGEMENT, PSYCHOLOGY
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YENI KUSUMANINGRUM, 079810409-SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSRI ENDAH N., S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 06 Dec 2016 19:08
Last Modified: 06 Jun 2017 16:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48474
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item