FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LALU LINTAS MODAL (CAPITAL ACCOUNT) INDONESIA SEBELUM DAN SESUDAH KRISIS EKONOMI ( STUDI EMPIRIS : 1990-2002 )

CHUNCHUN YULI HARSONO, NIM. : 0400 16859 (2004) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LALU LINTAS MODAL (CAPITAL ACCOUNT) INDONESIA SEBELUM DAN SESUDAH KRISIS EKONOMI ( STUDI EMPIRIS : 1990-2002 ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 22-04 HAR F.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Faktor modal merupakan salah satu kunci utama bagi suatu negara, terutama negara sedang berkembang untuk melakukan pembangunan ekonomi guna mengejar ketertinggalan perekonomian dari negara lain. Negara sedang berkembang biasanya menghadapi kekurangan modal akibat keadaan ekonomi, politik,dan stabilitas keamanan dalam negeri selama periode penelitian, sehingga peranan modal luar negeri menjadi" sangat penting" untuk menyokong pembangunan di dalam negeri. Penelitian ini mencoba mengungkap beberapa faktor utama yang mempengaruhi pergerakan modal antar negara yang tercermin dalam neraca pembayaran khususnya pada pos lalu lintas modal (neraca modal/capital account). Dalam analisisnya penulis menggunakan variabel bebas : jumlah uang beredar di masyarakat (M I), suku bunga kredit investasi, suku bunga internasional (LIBOR), kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, IHSG:, saldo neraca transaksi berjalan, tingkat inflasi , kesenjangan tabungan investasi dan pendapatan nasional (PDB). Periode penelitian dibedakan menjadi dua periode yaitu sebelum krisis ekonomi (l990-19971II) dan sesudah krisis ekonomi (1997/III-2002), kerena pada periode sebelum krisis ekonomi saldo lalu lintas modal meningkat pesat , namun sesudah krisis ekonomi mengalami kecenderungan penurunan. Untuk menganalisis pengaruh variabel independen digunakan regresi linear berganda metode OLS (Ordinary Least Square). Hasil estimasi model menunjukkan selam periode 1990-2002 varibel independen secara bersama-sarna (simultan) berpengaruh terhadap lalu lintas modal. Dalam periode sebelum krisis ekonomi , variabel suku bunga internasional (LIBOR), kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, saldo neraca transaksi berjalan, IHSG, dan kesenjangan tabungan investasi berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap lalu lintas modal Dalam periode sesudah krisis ekonomi, variabel jumlah uang beredar di masyarakat (M 1), saldo neraca transaksi berjalan, IHSG, dan tingkat inflasi berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap lalu lintas modal Hasil ini menunjukkan bahwa selain dipengaruhi variabel yang digunakan dalam model penelitian ini, perubahan lalu lintas modal juga dipengaruhi oleh variabel di luar model penelitian seperti instabilisasi politik, keamanan, kepercayaan investor dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 22/ 04 HAR F
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1621-1638 Interest rates. Interest tables
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
CHUNCHUN YULI HARSONO, NIM. : 0400 16859UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSOEBAGYO, Drs. Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 06 Dec 2016 19:55
Last Modified: 06 Dec 2016 19:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48487
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item