PROGRAM PENGENDALIAN PENCEMARAN UDARA (Studi Implementasi Program Langit Biru Sumber Tidak Bergerak (STB) di Kecamatan KOta Kabupaten Gresik)

TATIK ANDRIYANI, 079815838 (2003) PROGRAM PENGENDALIAN PENCEMARAN UDARA (Studi Implementasi Program Langit Biru Sumber Tidak Bergerak (STB) di Kecamatan KOta Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis AN 12-04.and p.pdf

Download (182kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Penanganan permasalahan Lingkungan dikawasan industri bisa menjadi merupakan suatu hal yang peIik, dimana masing-masing faktor saling berkait satu sama lain. Karena inilah, masalah lingkungan khususnya udara. memerlukan suatu penanganan yang sangat serius disamping itu pemkab dibutuhkan keterIibatannya, dalam hal ini sebagai penengah antara pihak industri dengan masyarakat. maupun industri dengan industri agar tercapai suatu ketenangan dan kenyamanan hidup bagi semua pihak (win win solution). Penelitian ini untuk menjawab masalah implementasi Program Langit Biru Sumber Tidak Bergerak di Kabupaten Gresik dengan tujuan menggambarkan bagaimana implementasi Program Langit Biru Sumber Tidak Bergerak di Kecamatan Kota Kabupaten Gresik dan menjelaskan fenomena yang ada dengan teori-teori yang relevan dengan studi administrasi negara. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif untuk menggambarkan mengenai implementasi prolabi STB (Sumber Tidak Bergerak) serta faktor-faktor penghambatnya Adapun teknik pengumpulan data. yang digunakan adalah wawancara, observasi, serta dokumenter. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. yakni atas dasar apa yang diketahui tetang variasi atau elemen yang ada. Sedangkan pihak-pihak yang diwawancarai adalah: Kepala Dinas Lingkungan Hidup. kepala Subdin Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan, Kepala Pelaksana Program Dinas Perindustrian, Staf Wasdal Pencemaran Tanah dan Udara Bapedal Jawa Timur, Industri-industri di kawasan Kecamatan Kota Gresik, LSM dan masyarakat di sekitar kawasan industri. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi swnber data, yaitu membandingkan dan mengecek kembali derajat informasi yang didapat melalui waktu dan alat yang berbeda karena dalam hal ini data yang didapat sebagian besar berupa kata-kata roaka analisa data yang digunakan yaitu analisa data kualitatif. HasH penelitian menunjukkan bahwa implementasi Prolabi STB di Kecamatan Kota Gresik tidak betjalan dengan baik, dan terdapat tahap-tahap dari prosedur pelaksanaan Program yang tidak betjalan. Hal ini dikarenakan pemerintah tidak berkoordinasi dengan baik dilapangan dengan instansi-instansi yang terkait, selain itu juga masih banyak industri-industri yang kurang mengerti tentang prolabi STB karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah. Sehingga basil implementasi Prolabi STB belum dirasakan oleh masyarakat. Jika hal ini berlangsung terus-menerus maka dampak pencemaran lingkungan di masyarakat menjadi semakin buruk, oleh karena itu perIu ketjasama yang baik antara aparat pemerintah dengan industri dalam penanganan masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis An 12-04 And p
Uncontrolled Keywords: AIR POLLUTION
Subjects: H Social Sciences
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TATIK ANDRIYANI, 079815838UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDRoestoto H.P, Drs. ., S.U.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 06 Dec 2016 20:50
Last Modified: 06 Dec 2016 20:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48505
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item