REPRESENTASI PEREMPUAN DAlAM IKLAN PROOUK RUMAH TANGGA DETERGEN TOTAL YANG DITAYANGKAN DI TELEVISI

MIRZA AVRILJANTI, 079815633 (2004) REPRESENTASI PEREMPUAN DAlAM IKLAN PROOUK RUMAH TANGGA DETERGEN TOTAL YANG DITAYANGKAN DI TELEVISI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk fis k 09.05 Aur r.pdf

Download (187kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini muncul dari banyaknya realitas-realitas yang ada mengenai banyaknya iklan-iklan produk rumah tangga khususnya pada media televisi yang menampilkan sosok perempuan pada dunia domestik. Hal ini tal. tedepas dari ideologi gender yang dipahami oleh masyarakat serra budaya patriarki yang dianut masyarakat. Perreliti tertarik bagaimana perempuan ditampilkan dalam iklan televisi yang merupakan wacana massa. Detergen Total dalam keempat versinya komisten mengkomunikasikan dunia domestik besena perempuan didalamnya. Dari sini, dapar dirumuskan pennasalahan yaitu, bagaimanakah represeruasi perempuan dalam iklan detergen Total. Berkaitan dengan permasalahan diatas, maka peneliti menggunakan berbagai tinjauan pustaka untuk mendukung penelitian ini, yaitu ; konsep dasar ideologi gender, pembagian puhlik domestik antara laki-laki dan perempuan, komunikasi iklan, perempuan sebagai komoditi ikIan dalam dunia patriarki, memaknai reks dalam relevisi dan critical discourse analysis. Penelitian Uri merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode critical discourse analysis. Unit analisis yang d1gunakan adalah tandatanda yang seringkali digunakan dalam program-program telev:isi yang terbagi dalam social codes, technical codes dan representational codes. Data diperoleh dari vcd iklan detergen Total serta wawancara dengan heater iklan Uri, yaitu Daned Haricoyo. Interpretasi data tidak dilakukan terpisah dalam setiap versi iklan yang diteliti, namun dilakukan bersarna-sama dalam keseluruhan vern iklan yang diteliti. Interpretasi data dibagi dalam dua sub bab. Sub bab penama menjelaskan tokoh-tokoh perempuan dalam ikJan ini digambarkan. Sub bab kedua wacana gender dalam keseluruhan versi ikIan detergen Total. Hasil interpretasi data didapat perempuan direpresentasikan dalam ernpat bentuk. Penama, iklan ini menampilkan perempuan sebagai seseorang yang bekerja. Kedua, perempuan direpresentasikan sebagai perempuan yang masih kental dengan pembagian kerja domestiknya. Ketiga, perempuan tampil sebagai sosok yang bertanggung jawab pada pendidikan di dalam rumah. Keempat, perempuan tampil sebagai perempuan yang peduli dengan kecantikan tubuhnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 09-05 AUR R
Uncontrolled Keywords: PEREMPUAN DALAM IKLAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
MIRZA AVRILJANTI, 079815633UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYan Yan Cahyana, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 06 Dec 2016 23:07
Last Modified: 07 Jun 2017 21:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48547
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item