PEMAKAIAN BAHASA PADA KELUARGA PERKAWINAN CAMPURAN DI KOTA SURABAYA SUATU TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK

R.A Vlirgina Puspa Santi, 079715469 (2004) PEMAKAIAN BAHASA PADA KELUARGA PERKAWINAN CAMPURAN DI KOTA SURABAYA SUATU TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS.BI 09-05 San P.pdf

Download (218kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang beIjudnl "Pemakaian Bahasa Pada KeJnarga Kaw1n Campur di Kota Surabaya", membahas bahasa yang digunakan oleh kelnarga kawin campur di Kota Surabaya dalam kebidupan sehari-hari seita fak1or-faktor yang melatarbelakangi pemakaian bahasa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptifkualitatif. Pemilihan metode ini disebabkan "leh beberapa hal. Pertarna, karena penelitian yang dilakukan merupakan realitas yang ada dalam masyarakat. Kedua, penelitian in! berdasarkan fakta yang ada atau fenomena yang memang secara empiris bidup pada penuturnya, sebingga yang dihasilkan atau dicatat berupa pemerian atau paparan seperti adanya. Langkah yang ditempuh dalam penelitian ini adalah penentuan keluarga kawin campur sebagai sumber data primer, dengan mengadakan observasi atau pengamatan terbuka dan berperan serta dengan tujnan untuk rnendapatkan gambaran yang tepat mengenai objek penelitian dan mampu mengenal situasi dan keadaan keluarga kawin campur ketika proses komunikasi berlangsung. Pengarnatan tersebut disertai dengan teknik calat data berupa kuesioner untuk memperoleh data yang diperlukan. Data kuesioner ditunjang dengan wawancara langsung (direct interview) dan teknik rekam secara infonnal untuk melengkapi kekurangall data pada kuesioner, sehingga SlUllber data disebut sample bukan informan. Sedangkan data sekunder . berupa rnetode pustaka, yakni pengambilan data yang diperoleh dari buku-buku, makalah, yang berhubungan dengan pernakaian bahasa pada keluarga kawin campur. Analisis yang dilakukan dalam hal ini berpijak pada teori sosiolinguistik l.A Fishman rnengenai bahasa dan masyarakat. Dalam teori ini dijelaskan babwa pada dasamya sosiolinguistik itu mencari atau menemukan aturan-aturan yang berhubungan dengan rnayarakat dan menjelasbn hubungan antara tingkah laku bahasa di dalarn mayarakat menyangkut ketetapan seseorang di dalam memilih bentuk babasa atan variasi bahasa yang digunakan untuk komunikasi. Selain itu, juga digunakan beberapa teori lainnya yang berhubungan dengan alih kode dan campur kode. Dalarn analisis data akan lebih banyak ditampilkan uraian-uraian kualitatif, dengan harapan agar Jatar belakang ekstralingual (sosial dan situsional) yang berada dibalik pemakaian bahasa tersebut akan lebih tampak seeara utuh dan peneliti tidak melakukan uji data secara statistlk. Dari hasil analisis diperoleh garnbaran bahwa bahasa yang digunakan oleh para pellUtur yang heterogen, yang mempunyai latar belakang sosial, budaya dan kebiasaan yang berbeda-beda menyebabkan snatu bahasa bisa menjadi beragam atau bervariasi. Namun semua itu juga tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengarubi pemakaian bahasa tersebut, yaitu faktor sosial dan fuktor situasional. Faktor sosial terdiri atas usia, lingkungan, lama tinggal, pendidikan, Sedanglan faktor situasional Iebih terkait pada penutur dan petutur, topik pembicaraan, situasi pembicaraan dan maksud dari pembicaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 09/05 San p
Uncontrolled Keywords: INTERMARRIAGE
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
R.A Vlirgina Puspa Santi, 079715469UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNi Wayan Sartini, Dra., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 06 Dec 2016 23:37
Last Modified: 07 Jun 2017 22:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48561
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item