UJI BIOAKTIVITAS SENYAWA KIMIA FRAKSI ETIL ASETAT DENGAN Arternia Salina LEACH DAN IDENTIFlKASI SENYAWA AKTIFNYA DALAM Gracilaria licbenoides

CAMELIA CHOLID, 089811831 (2002) UJI BIOAKTIVITAS SENYAWA KIMIA FRAKSI ETIL ASETAT DENGAN Arternia Salina LEACH DAN IDENTIFlKASI SENYAWA AKTIFNYA DALAM Gracilaria licbenoides. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KK MPK 16-02 CHO U.pdf

Download (310kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Graci/aria lichenoides merupakan suatu jenis rumput laut dari divisi rhodophyta. Tanaman tersebut diperoleh di industri "Alga", desa Wonoayu, Sidoarjo (Jawa Timur). Graci/aria lichenoides yang telah kering dipotong kecil untuk selanjutnya digiling ~ndiperoleh serbuk sebanyak 3 kg. Serbuk direndam beberapa kali dengan pelarut n~heksan kemudian dengan metanol. Ekstrak metanol diekstraksi dengan etil asetat~air. Filtrat yang diperoleh diuapkan dengan rotary evaporator sehingga diperoleh ekstrak kasar sebanyak 11,2130 gram. HasH skrining ekstrak etil asetat menunjukkan adanya senyawa golongan terpenoid. Ekstrak etil asetat tersebut difraksinasi menggunakan kromatografi kolom dengan fase diam silika gel 60 GF254 Merck 7731 sebagai fasa diam dan n-heksan-etil asetat sebagai fasa gerak. Dari proses tersebut diperoleh beberapa fraksi. HasiJ uji bioaktivitas empat fraksi terakhir (13, 14, 15 dan 16) menggunakan metode Brine Shrimp Lethality Test dengan bioindikator Artemia salina Leach menunjukkan bahwa semua fraksi tersebut aktif sebagai antitumor tetapi fraksi 15 mengandung stnyawa yang dominan sehingga yang dianalisis lebih lanjut adalah fraksi 15. Fraksi tersebut dipisahkan kembali dengan kromatografi kolom memakai fasa gerak n-heksan-aseton. Senyawa hasiJ Isolasi yang diperoleh berupa kristal putih kehijauan sebanyak 53,6 mg dengan titik leleh 70-71°C. HasH uji bioaktivitas menunjukkan bahwa isolat diduga aktif terhadap bioindikator Artemia salina Leach. Analisis spektroskopi fR, I H-NMR dan GC MS menunjukkan bahwa isolat tersebut diperkirakan merupakan golongan amida dengan gugus fungsi -CH2, -CH3, -OH, =CH-, -C(CH3)2, -NH2 dan -C=O.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD71-142 Analytical chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
CAMELIA CHOLID, 089811831UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPratiwi Pujiastuti, Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:45
Last Modified: 08 Jun 2017 16:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48595
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item