KONDISI PSIKOLOGlS TOKOH UTAMA SETELAH PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA NOVEL INTRIK (SAMPEK ELEK SAMPEK ENTEK) KARYA REDI PANUJU

EDY SANTOSO, 129910109 (2005) KONDISI PSIKOLOGlS TOKOH UTAMA SETELAH PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA NOVEL INTRIK (SAMPEK ELEK SAMPEK ENTEK) KARYA REDI PANUJU. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
FS.BI 20-05 San K.pdf

Download (201kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Novel Intrik (.SEc:.;E) berlatar belakang kerajaan dengan penekanan pada psikologis tokoh utama. Novel In/rik (SESE) mengangkat masalah pengambil alih kekuasaan dengan cara paksa (kudeta). Pengambil alihan kekuasaan dilakukan oleh Trio Penasehat terhadap kekuasaan raja Panembahan Senopati di kerajaan Matraman, lntrik dan rayuan manis membuai Panembahan Senopati ke arah jatuhnya dari singgasana kerajaan. Semula Intrik dan siasat dari Trio Penasebat dianggap sebagai masukan belaka, schingga tanpa disadari oleh Panembaban Senopati menjerumuskan ke arah Iengscrnya dari singgasana kerajaan, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelilian kualitatif dengan jenis kepustakaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural, psikologi sastra. Seperti telah diketahui bahwa dalam menganalisis suatu karya sastra seharusnya dimulai dengan analisis struktural guna mengetahui bagaimanakah stru1:tur dalam novel Intrik (SESE) yang meliputi tema, tokoh dan penokohan, latar dan alur, Selanjutnya setelah diketahui struktur pembangun novel tersebut digunakan teori psikologi sastra yang dikemukakan oleh Sigmund Freud, yang meliputi Psikoiogis manusia terdiri dari Jd, ego dan superego. ld pada novel tersebut terdiri alas: Kasih sayang, pemujaan terhadap Tullan, egoistik dan emosi. Unsur ego terdiri alas: pengambilan keputusan. Unsur superego antara lain: trauma, tekanan dan kecemasan. Hasil penelitian ini adalah menjelaskan struktur teks novel Intrik (SESA] dan menjelaskan kondisi psikologis tokoh utama setelah mengambiJ keputusan pada novel tersebut. Unsur Id Panembaban Senopati dominan. Sehingga Panembahan Senopati ketika mengambil keputusan terkesan tergesa-gesa menyebabkan penyesalan yang berkepanjangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 20/05 San k
Uncontrolled Keywords: NOVEL
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
EDY SANTOSO, 129910109UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAdi Setijowati, Dra., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 07 Dec 2016 02:59
Last Modified: 08 Jun 2017 16:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48603
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item