POLA PRODUKSI DAN DISTRIBUSI INDUSTRI KECIL ARCA PRUMPUNG, KECAMATAN MUNTILAN, MAGELANG

DESIDERIUS ALRIN RAHADIANTO, 079434604 (1998) POLA PRODUKSI DAN DISTRIBUSI INDUSTRI KECIL ARCA PRUMPUNG, KECAMATAN MUNTILAN, MAGELANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS ANT 138-98 RAH P.pdf

Download (190kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri kecil kerajinan merupakan industri yang menunjang pembangunan dalam sektor pariwisata. Adanya Industri kecil kerajinan didukung oleh sumber daya alam yaitu kemudahan mendapatkan bahan baku dan tenaga kerja yang terampil pada kerajinan tersebut. Meskipun dikerjakan dengan peralatan tradisional, namun hasil produksinya sudah diekspor ke manca negara. Termasuk diantaranya industri kecil arca. Untuk itu peneliti tertarik mengkaji masalah bagaimana pola produksi dan distribusi industri kecil arca tersebut. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pemilihan lokasi dilakukan socara purposive dengan pertimbangan Dusun Prumpung merupakan awal kerajinan arca dan sebagian besar warganya merupakan pengrajin arca. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan secara purposive dengan pertimbangan sebagai berikut : lnforman yang masih aktif dalam industri kecil arca dan informan yang telah lama menetap di Dusun Prumpung, sehingga mengetahui latar penelitian. Jumlah informan dalam penelitian ini 24 orang yang terdiri dari pemilik sanggar (produksi dan distribusi), pengrajin rumah (produksi dan distribusi), pengrajin yang bekerja paJa sanggar (produksi dan distribusi), warga yang ikut menjual hasil produksi, isteri pengrajin, pemasok bahan baku dan pengrajin dari Yogyakarta sebugai tempat untuk memesan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 138-98 RAH P
Uncontrolled Keywords: INDUSTRI KECIL
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2340.8-2346.5 Small and medium-sized businesses, artisans,handicrafts, trades
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
DESIDERIUS ALRIN RAHADIANTO, 079434604UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 07 Dec 2016 19:26
Last Modified: 11 Jun 2017 16:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48634
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item