APLIKASI COMPLIANCE TEST TERHADAP PROSEDUR PEMBERlAN KREDIT GUNA MENCEGAH KREDIT MACET PADA BANK 'X' CABANG SUMENEP

NURRAHMI TAUFANl, 049711686 E (2002) APLIKASI COMPLIANCE TEST TERHADAP PROSEDUR PEMBERlAN KREDIT GUNA MENCEGAH KREDIT MACET PADA BANK 'X' CABANG SUMENEP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 268-02 TAU A-EDT.pdf

Download (204kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bank 'X' Cabang Sumenep merupakan lembaga perbankan, dimana salah satu kegiatan usahanya adalah pemberian kredit yang mendominasi dana bank. Dalam pengambilan keputusan atas permohonan kredit pada Bank 'X', ada bebempa faldor yang perlu dipertimbangkan yaitu menyangkut identitas, keperluan pinjam, maupun faktor-faktor five's of credit yaitu character, capacitiy, capital, collateraI, dan condition of economic. Dalam prosedur pemberian kredit terdapat beberapa problematika, yaitu pemeriksaan dokumen-dokumen pada Bank 'X' masih kurang dilakukan secara seksama, terutama oleh penyelia kredit. Penyelia kredit hanya melakukan analisis data saja tanpa memperhatikan kelengkapan dokumen yang diberikan oleh debitur. Masalah juga nampak pada pemantauan kredit yang telah dilakukan kepada debitur. Pengawasan yang efektif alau tindakan follow up kurang mendapat perhatian dari internal auditor, misalnya inspeksi on the spot ke tempat usaha debitur tidak dilakukan sesering mungkin oleh penyeIia kredit. Selain itu dalam melakukan inspeksi on the spot, penyelia kredit tidak didampingi oleh bagian arhninistrasi kredit, yang akan menyebabkan kolusi alau persekongkolan dengan debitur, Sehubungan dengan hal itu maka diperlukan suatu pengujian kepatuhan untuk menilai efektivitas sistem pengendalian intern khususnya dalam prosedur pemberian kredit, serta untuk mengetahui sejaub mana kebijakan yang telah ditetapkan dengan baik atau tidak. Dari evaluasi akhir secara keseluruhan, penerapan compliance lest menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern atas prosedur pemberian kredit Bank 'X' telah cukup memadai dan efektif serta dapat diandalkan, walaupun masih terdapat kelemahan seperti yang telah disebutkan diatas. Beberapa saran yang dapat diberikan dengan adanya penyimpangan sistem pengendalian intern yaitu sebaiknya bank meningkatkan inspeksi on the spot ke tempat usaha debitur yang dilakukan oleh penyelia kredit. Kegiatan ini harns temtur dan sesering mungkin mengetahni permasalahan yang ada pada badan usaha debitur, sehingga tidak menimbulkan kredit macet di masa yang akan datang. Dalam pemeriksaan terbadap kelengkapan dokumen debitur oleh personil bagian kredit perlu ditingkatkan, mengingat dokumen penting bagi kelengkapan informasi tentang debitur dan analisis kredit. Juga sebagai bukti yang penting dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh internal auditor. Saran ini diberikan agar bank terhindar dari kemungkinan teljadinya kredit macet alan masalah lain yang dapat menimbulkan kerugian bagi pihak bank.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 268/02 Tau a
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1641-1643 Bank loans. Bank credit. Commercial loans
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NURRAHMI TAUFANl, 049711686 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantHANNY WURANGIAN, Drs. Ec. ,Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 07 Dec 2016 19:58
Last Modified: 11 Jun 2017 19:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48646
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item