DAYA ANTIBAKTERIAL EKSTRAK DAUN PATIKAN KEBO (Euphorbia hirta L) TERHADAP PERTUMBUHAN Staphylococcus aureus SECARA IN VITRO DENGAN METODE DIFUSI DISK

Saiful Anis, 06 (2002) DAYA ANTIBAKTERIAL EKSTRAK DAUN PATIKAN KEBO (Euphorbia hirta L) TERHADAP PERTUMBUHAN Staphylococcus aureus SECARA IN VITRO DENGAN METODE DIFUSI DISK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 39 04 Ani.pdf

Download (571kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek antibakterial ekstrak daun Patikan kebo (Euphorbia hirta L) dalam berbagai konsentrasi terhadap pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus secara iq vitro dengan metode difusi disk. Ekstrak daun Patikan kebo (Euphorbia hirta L) dikelompokkan menjadi empat kelompok pedakuan berdasarkan konsentrasi yang digunakan yaitu: 100 persen, 75 persen, 50 persen, dan 25 persen dengan kontrol menggunakan aquades. Desain percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap ( RAL ) dengan jumlah ulangan delapan. Data dianalisis menggunakan sidik ragam dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Kertas disk yang berisi ekstrak daun Patikan kebo (Euphorbia hirta L) dalam berbagai konsentrasi beserta kontrol diletakkan pada media Mueller Hinton Agar (MIlA) yang telah diinokulasi dengan suspensi bakteri Staphylococcus aureus dilanjutkan dengan pengeraman dalam inkubator selama 24 jam. Pengukuran diameter daerah hambatan dengan menggunakan mistar untuk melihat daya anti bakterial ekstrak daun Patikan kebo (Euphorbia hirta L) terhadap Staphylococcus aureus. Hasit penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun Patikan kebo (Euphorbia hirta L) dalam konsentrasi 100 persen, 75 persen, 50 persen, dan 25 persen memiliki daya anti bakterial yang sangat nyata terhadap pertumbuhan Staphylococcus aureus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Saiful Anis, 06UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorChairul Anwar Nidom, MS., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 07 Dec 2016 20:59
Last Modified: 07 Dec 2016 20:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48657
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item