WAKTU PEMBENTUKAN DAN TITER ANTI-ANDROSTENEDIONE SETELAH PENYUNTIKAN ANDROSTENEDIONE 7a-BSA PADA KELINCI (Orygtologus cuniculus)

RINI NILAMSARI, 06 (2003) WAKTU PEMBENTUKAN DAN TITER ANTI-ANDROSTENEDIONE SETELAH PENYUNTIKAN ANDROSTENEDIONE 7a-BSA PADA KELINCI (Orygtologus cuniculus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 43 04 Nil p.pdf

Download (570kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan waktu mulai munculnya anti -androstenedione dan titer yang diperoleh setelah penyuntikan androstenedione 7 a -BSA pada kelinci. Dalam pembuatan anti androstenedione, digunakan enam ekor kelinci jantan galur New Zealand. Lima ekor kelinci disuntik dengan 200 Ilg androstenedione 7 a -BSA dalam pelarut Freund's lengkap pada minggu ke -0. Satu ekor kelinci jantan galur New Zealand sebagai kontrol disuntik dengan NaCI fisiologis. Penyuntikan androstenedione 7 a -BSA pada kelinci dilakukan secara sub kutan dengan menggunakan Freund's adjuvant lengkap. Pada minggu pertama sampai keenam dilakukan pengambilan darah dan setelah dilakukan uji ELISA tidak langsung ternyata memberikan hasil yang positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari semua kelompok perlakuan terdapat perbedaan yang sangat nyata ( p < 0,01 ). Berdasarkan uji ELISA tidak lallgsung, titer anti -androstenedione mulai muncul pada minggu pertama untuk kelinci B, C dan E sedangkan kelinci A dan 0 mulai muncul pad a minggu kedua. Berdasarkan uji T Berpasangan tidak terdapat perbedaan rata-rata waktu mulai munculnya anti-androstenedione. Setelah dilakukan ANOVA yang dilanjutkan uji BNJ 5 % didapatkan hasH bahwa terdapat perbedaan perolehan titer anti androstenedione pada minggu kelima ( 1365,67 ± 582,16 ), minggu keempat ( 1330,33 ± 592,74) dan minggu keenam ( 1266 ± 566,94 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan waktu mulai munculnya anti -androstenedione dan terdapat perbedaan titer anti androstenedione yang diperoleh setelah penyuntikan androstenedione 7 a -BSA pada kelinci ( Oryglolagus cuniculus ). Titer terbaik diperoleh pada minggu kelima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets > SF451-455 Rabbits and hares
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
RINI NILAMSARI, 06UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Purnomo S., Dr., MS., drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 07 Dec 2016 22:10
Last Modified: 07 Dec 2016 22:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48676
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item