PERAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PELAYANAN DI DEPARTEMEN FOOD AND BEVERAGE (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERAN WAITER DALAM PELAYANAN DI DEPARTEMENT FOOD AND BAVAREGE KLUB BUNGA BUTIK RESORT BATU MALANG)

YUNIARTI ROSALINA, 079810452-S (2002) PERAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PELAYANAN DI DEPARTEMEN FOOD AND BEVERAGE (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERAN WAITER DALAM PELAYANAN DI DEPARTEMENT FOOD AND BAVAREGE KLUB BUNGA BUTIK RESORT BATU MALANG). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PW 66-04 Ros p.pdf

Download (317kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perhotelan sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa, selalu berusaha untuk meningkatkan serVice guna mengatasi persaingan yang semakin tinggi, yang nantinya akan meningkatkan pendapatan hotel. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pelayananjasa yang diterima oleh pengunjung hotel. Dan untuk mencapai kepuasan tamu, hotel berusaha meningkatkan kualitasnya melalui peran waiter dalam meningkatkan mutu pelayanan pada Food and beverage service dan pihak manajemen turut serta dalam pengemabangan sumberdaya manusiany melaui training -traning yang deberikan secara berkala. Kreatifitas dari waiter itu sendiri juga turut menunjang perannya sebagai seorang yang memberikan pelayanan kepada tamu. Penulis melakukan penelitian ini berlokasi di Klub Bunga Butik Resort Batu Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif yang menghasilkan data deskriftif yang berupa informasi tertulis atau lisan dari orang orang yang mempunyai hubungan dengan pelayanan yang diberikan oleh waiter melalui perilaku yang diamati serta dari studi kepustakaan yang berhubungan dengan fokus penelitian. Sedangkan untuk mendapatkan data mengenai peningkatan mutu pelayanan pada food and beverage service,· peneliti memperolehnya melalui informan -informan yang terdiri dari FB Service Supervisor, Waiter, Order Taker. Teknik pengumpulan datanya, penulis menggunakan wawancara dengan jenis pertanyaan terbuka -tertutup atau wawancara tak terstuktur, teknik dokumentasi dan teknik observasi yang mana penulis melakukan pendekatan secara langsung ke lapangan. Dari data yang diperoleh dan hasil analisa dapat dijelaskan bahwa dengan adanya peningkatan mutu pelayanan yang ada di harapkan agar tamu merasa puas selama tinggal di hotel dan akan datang lagi pada kunjungan berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PW 66/04 Ros p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: HOTELS, PERSONNEL MANAGEMENT, WAITERS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
YUNIARTI ROSALINA, 079810452-SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM. NURDIN RAZAK, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 07 Dec 2016 21:57
Last Modified: 11 Jun 2017 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48678
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item