FORMALITAS RESTAURANT (STUDI DESKRIPTIF TENTANG KIAT UNTUK MERUBAH IMAGE RESTAURANT DI HOTEL MELALUI PENINGKATAN KUALITAS KERJA WAITER/SS DI RESTAURANT BEER GARDEN 8URABAYA HILTON INTERNATIONAL)

Prima Bhangga Kun Dewata, 079910521-S (2003) FORMALITAS RESTAURANT (STUDI DESKRIPTIF TENTANG KIAT UNTUK MERUBAH IMAGE RESTAURANT DI HOTEL MELALUI PENINGKATAN KUALITAS KERJA WAITER/SS DI RESTAURANT BEER GARDEN 8URABAYA HILTON INTERNATIONAL). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PW 70-04 Dew f.pdf

Download (257kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dunia kepariwisataan di Indonesia semakin maju perkembangannya khususnya perhotelan. Asejalan dengaq meningkatnya arus wisatawan yang datang di Indonesia maka pemerintah dan masyarakat berusaha memajukan dunia perhotelan. Suatu hotel sebagai usaha pelayarutll jasa akomodasi bertujuan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besamya. Untuk mencapai itu hotel berusaha agar dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada tamu. Pacta dasamya pelayanan yang disediakan da1am hotel berupa penginapan, makan dan minuman. Namun pada khususnya yang memebrikan pelayanan makan dan minuman adalah restaurant, dimana dalam restaurant pelayanan yang disajikan juga harus dengan sebaik-baiknya sehingga tamu merasa betah di restaurant tersebut. Adapun permasalahan yang dikerraukakan dalam Tugas Akhir ini adalah Bagaimana kiat Food & Beverage Manager untuk merubah image restoran di hotel melalui peningkatan kuaJitas kerja SDM di Restoran Beer Garden Hilton Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah agar penulis dapat menunjukkan atau memberikan solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada, yang memungkinkan untuk diadakwmya pembahw'uan terhadap suatu image restoran yang terkesan formalmenjadi lebih familiar, selain itu penulis Juga ingin mengetahul upaya-upaya yang dilakukat) F& B Manager untuk meningkatkan kualitas kelja sumber daya manusia di Restoran Garden Hilton Surabaya, penelitian ini lokasi yang dipilih oleh penulis adalah Restaurant Beer Garden, yang terletak di Hotel Snrabaya Hilton jalan Gunungsari SlJfabaya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif Sehingga diperoleh data-data tentang bagaimane kiat-kiat F&B Manager untuk merubah image restaurant melelui kualitas kerja Sumber Daya Manusianya, standarad kualitas service, formalitas restaurant ini yang membuat penulis untuk mengungkapkannya dalam Tugas Akhir ipi. Di ma!1a data ini diperol~h dan data primer, yaitu dari hasil observasi dan wawancara dan juga dari data sekundcr yahg berasal dari dokumen-dokumen. Adapun hasil dari usaha-usaha yapg dilakukan oleh F&B Manager untuk merubah image restaurant adalah dcngan pelayanan yang diberikan melalui per.dngkatan kualitas kerja sumber daya manusia didukung dengan faktor-faktor lain menjadi lebih familiar (kekeluargaan) dan terkesan ranlah (friendly) dan para staff hotel memahami benar lingkup pekerjaaannya yang pada dasamya menjual jasa keramahtamahan agar tamu merasa puas dan ingin kembali lagi. Sedangkan upaya-upaya F&B Manager wItuk meningkatkan kualitas kerja sumb~r daya manusia di Beer Garden adalah dengan melakukan pemilihan waiter/ss, dan menanamkan pengertian tentang standard operation procedure dan pengetahuan tentang aspek-aspek yang terkandung dalam pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PW 70/04 Dew f FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: RESTAURANT, PERSONNEL MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
Prima Bhangga Kun Dewata, 079910521-SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorANDY UMARDIONO, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 07 Dec 2016 22:51
Last Modified: 12 Jun 2017 17:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48707
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item