GEREJA DAN PEMBERDAYAAN BURUH (Studi Deskriptif tentang Strategi Praktis Pastoral Pendamping Buruh Keuskupan Surabaya (PPBKS) dalam Pemberdayaan Buruh)

ROBY SURYO BUDI PRIYONO, 079514885 (2002) GEREJA DAN PEMBERDAYAAN BURUH (Studi Deskriptif tentang Strategi Praktis Pastoral Pendamping Buruh Keuskupan Surabaya (PPBKS) dalam Pemberdayaan Buruh). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
S 11-02 Pri g.pdf

Download (328kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dengan menggunakan Paradigma Definisi Sosial yang dikemukakan oleh Weber, penulis mencoba melihat peran gereja dalam menyikapi persoalanpersoalan yang dihadapi bumh saat ini. Selama ini gereja dianggap sebagai lembaga religius ternyata juga mempunyai kepedulian terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat, terutama masalah perburuhan, bahkan gereja juga mempunyai lembaga yang khusus untuk membantu buruh dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi buruh. Hal ini rnenarik minat penulis untuk mengetahui bagaimana PPBKS sebagai lembaga yang membawa nilai-nilai religius gereja dalam memandang pennasalahan buruh, bagaimana strategi praksis kegiatannya dan bagaimana konsistensi terhadap Ajaran Sosial Gereja sebagai dasar untuk melakukan kegiatan pastoral (pelayanan). Kerangka pemikiran yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan tecn tentang tindakan sosial, teon kont1ik, teon pemberdayaan, konsep ideologi, dan Ajaran Sosial Gereja serta beberapa teon lain yang berkaitan dengan masalah penelitian. Dalam penditian ini digunakan metode kualitatif untuk dapat menggali lebih dalam persepsi dan informan yang dapat menjawab pennasalahan peneiitian ini. Yang menjadi sasaran penelitian ini adalah seluruh aktivis PPBKS yang dipanda.,g menguasai permasalahan penelitian. lwnlah informaTl yang diambil ada 4 orang yang semuanya adalah aktivis PPBKS. Lckasi penelitian berada di Surabaya yang merupakan tempat dimana PPBKS berada. Gereja yang merupakan salah sam lembaga keagamaan dan bagian dan lembaga kemasyarakatan tidak dapat lepas dari pennasalahan yang ada di masyarakat. Gereja terpanggil unntk menjadi agen pembahaman. Salah sam wujud dari pangilan tersebut adalah dengan membentuk PPBKS yang berfungsi untuk membantu buruh dalam menyelesaikan pennasaiahan-pennasalahan buruh dengan melakukan pendampingan untuk memberdayakan buruh. Ditemukan bahwa permasalallan-pennasalahan bumh yang pating dominan saat ini adalah masalah upah, kebebasan bt:rsenkat, peradilan buruh, masalah jaminan sosial, dan hubungan antara bumh dan majikan yang tidak ada saling pengertian. Kemudian strategi praksis kegiatan yang dilakukan PPBKS dalam pemberdayaan buruh ini dengan menggunakan metode pendampingan partisipatif dan strategi pemberdayaan yang digunakan adalah sebagai fasilitator bagi gerakan buruh. Kemudian juga ditemukan adanya konsistensi an tara strategi praksis PPBKS dengan ajaran Sosial Gereja dalam tataran konsep tetapi dalam hal implementasi kegiatan terjadi inkonsistensi karena tidak sesuaiuya antara isu strategis dan twltutan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: CHURCH, PEMBERDAYAAN BURUH
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7795-8027 Labor policy. Labor and the state
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
ROBY SURYO BUDI PRIYONO, 079514885UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMUSTAIN, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 07 Dec 2016 23:13
Last Modified: 12 Jun 2017 17:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48713
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item