PEMANFAATAN TEPUNG JANGKRIK SEBAGAI SUMBER PROTEIN ( PENGGANTI PEPTON ) BAGI PERTUMBUHAN BAKTERI Salmonella pullorum PADA MEDIA AGAR

BUDI SANTOSO S., 069512174 (2000) PEMANFAATAN TEPUNG JANGKRIK SEBAGAI SUMBER PROTEIN ( PENGGANTI PEPTON ) BAGI PERTUMBUHAN BAKTERI Salmonella pullorum PADA MEDIA AGAR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 48 01 Bud m.pdf

Download (542kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan tepung jangkrik sebagai sumber protein (pengganti pepton) pada media Agar untuk pertumbuhan bakteri Salmonella pul/orum. Penelitian ini menggunakan tiga bentuk perlakuan dengan sumber protein yang berbeda-beda. Perlakuan pertama menggunakan media Nutrien Agar dengan protein pepton, perlakuan kedua dengan protein tepung jangkrik dan pertakuan ketiga dengan proten eairan jangkrik. Masing-masing perlakuan menggunakan sembilan ulangan (sembilan petri dish) sehingga total petri dish yang dipergunakan sebanyak 27 buah. Penghitungan jumlah bakteri Salmonella pullorum menggunakan metode Koch yang dilakukan penanaman dengan pengenceran 1 O~ dan inkubasi dilakukan terhadap ketiga pertakuan setelah ditanami pada suhu 37°C selama 24 jam. Parameter yang diamati adalah tumbuhnya bakteri dan jumlah bakteri Salmonella pullorum. Rancangan yang dipergunakan adalah raneangan aeak lengkap dan data dianalisis dengan analisa varian. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah bakteri Salmonella pullorum berdasarkan uji statistik dengan menggunakan analisa varian tidak menunjukan perbedaan yang nyata pada ketiga perlakuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets > SF459 Other animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
BUDI SANTOSO S., 069512174UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSorini Hartini, drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 07 Dec 2016 23:30
Last Modified: 07 Dec 2016 23:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48718
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item