PERANCANGAN DATABASE MARKETING INFORMATIONSYSTEM UNTUK MENDUKUNG PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN PRODUK PADA DISTRIBUTOR PONSEL PT. X SURABAYA

Silvia De Vara, 040214353 (2006) PERANCANGAN DATABASE MARKETING INFORMATIONSYSTEM UNTUK MENDUKUNG PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN PRODUK PADA DISTRIBUTOR PONSEL PT. X SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-varasilvia-1013-a90-06.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri ponsel mengalami perkembangan yang luar biasa dalam delapan tahun terakhir. Ketatnya persaingan bagi pemasar ponsel mengharuskan adanya inovasi dan pengembangan di bidang pemasaran. Untuk itu keputusan akan adanya informasi yang memadai tidak dapat diabaikan. Informasi yang cukup dapat membantu manajemen dalam melakukan perencanaan penjualan produk. PT. X Surabaya adalah salah satu distributor resmi handphone merek Motorola. Untuk dapat memaksimalkan penjualannya, PT. X harus dapat memilih produk yang diharapkan paling laku di pasaran.Penelitian "Perancangan Database Marketing Information System untuk Mendukung Proses Pengambilan Keputusan Pemilihan Produk Pada PT. X Surabaya" dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus berdasarkan teori Robert K. Yin. Berdasarkan analisis pemasaran dari sudut pandang MKIS ditemukan permasalahan berupa kurangnya ketersediaan informasi yang diperlukan untuk membantu manajer pemasaran dalam pengambilan keputusan pemilihan produk. Pengumpulan informasi pemasaran dilakukan kurang maksimal dengan minimnya sumber data dari hasil riset dan aktivitas intelijen pemasaran yang kurang terencana. Data yang diperoleh juga biasanya tidak disertai penyimpanan dan pengolahan data lebih lanjut sehingga informasi yang dihasilkan kurang memadai.Penggunaan Database MKIS memungkinkan manajer pemasaran memperoleh informasi pemasaran baik dari dalam perusahaan berupa Accounting Information System (AIS) yang berisi data aktivitas penjualan maupun informasi yang berasal dari luar perusahaan yaitu dari Marketing Research Subsystem yang berisi data mengenai pelanggan, konsumen potensial, perilaku pembelian konsumen, dan minat pasar. Selain itu perusahaan juga dapat memperoleh informasi mengenai pesaing melalui Marketing Intelligence Subsystem yang berisi data mengenai identifikasi pesaing dan vendornya.Dari penelitian yang dilakukan, output subsistem MKIS yaitu product subsystem, dapat memberikan informasi mengenai handphone yang laku dan akan laku terjual dalam bentuk laporan-laporan dan query. Informasi ini dapat membantu perusahaan untuk mendukung proses perencanaan/pengambilan keputusan pemilihan produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 90/06 Var p
Uncontrolled Keywords: INFORMATION STORAGE AND RETRIEVAL SYSTEM - MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Silvia De Vara, 040214353UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDEBBY RATNA DANIEL, Dr. rer. pol., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 26 Apr 2006 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 17:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4873
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item