UPAYA HUKUM PEMEGANG SAHAM MINORITAS YANG DIRUGIKAN AKIBAT PERSEROAN TERBATAS MENGALAMI PAILIT

ERISTA CATUR PUSPITASARI, 039714579 (2001) UPAYA HUKUM PEMEGANG SAHAM MINORITAS YANG DIRUGIKAN AKIBAT PERSEROAN TERBATAS MENGALAMI PAILIT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK DAG 01-01 PUS P.pdf

Download (285kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

UUPT memang tidak menggolongkan macam pemegang saham, namun dari prosentase saham yang dimiliki pemegang saham, maka pemegang saham dibagi menjadi 2 (dua), yaitu pemegang saham mayoritas dan pemegang saham minoritas. Kedua pemegang saham itu, walaupun secara prosentase saham yang dimihk berbeda namun kedudukannya adalah sebagai pemilik PT, karena mereka ikut serta memasukkan modal atau sahamnya pada PT yang bersangkutan. Bagi pemegang saham mayoritas, sebagai pembuat kebijakan dalam PT tidak akan sulit baginya apabila hendak menuntut hak-haknya, karen a ia tidak mungkin akan membuat kebijakan yang nantinya akan merugikan dirinya sendiri. Tetapi bagi pemegang saham minoritas dengan prosentase saham yang kecil, akan sulit bagi merek untuk menuntut hakhaknya, apabila dirugikan atas tindakan PT, direksi atau komisaris, kecuali apabila pemegang saham itu mewakih 1/10 bagian dari jumlah seluruh saham yang ada. Karena itu UUPT berusaha memberi perlindungan hukum kepada pemegang saham minoritas dengan memberinya berbagai macam hak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Per 01-01 Pus p.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Hukum Perdata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ERISTA CATUR PUSPITASARI, 039714579UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorB.A. Oemar Wongsodiwirjo,, S.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 08 Dec 2016 00:17
Last Modified: 12 Jun 2017 18:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48732
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item