GERAKAN SEPARATISME : PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN PENYELESAIAN KONFLIK ANTARA INDONESIA-GAM DAN FILIPINA MNLF

ANGGUN TRISNANTO HARI SUSIW, 079915982 (2004) GERAKAN SEPARATISME : PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN PENYELESAIAN KONFLIK ANTARA INDONESIA-GAM DAN FILIPINA MNLF. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
HI 04-05 Sus g.pdf

Download (329kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sltuasi dunia internasional pasca Perang Dingin telah diwarnai oleh berbagai macam fenomena yang muncul ke permukaan dan telah menjadi agenda baru bagi dunia khususnya negara-negara tertentu. Isu intemasional tidak lagi hanya berkisar masalah perlombaan senjata dan penguasaan wilayah tetapi telah meluas ke isu lain. Kemunculan kembali gerakan separatis adalah salah satu fenomena yang muncul setelah era Perang Dingin. Beberapa negara di Asia bahkan di Eropa sekalipun tak luput dari persoalan ini. Berbagai upaya telah dilakukan oleh negara yang menghadapi isu gerakan separatis di wilayahnya. Indonesia dan Filipina juga mengalami hal yang sarna Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Indonesia telah menjadi persoalan yang pelik dan sebuah agenda yang harus segera diselesaikan oleh pemerintah, demikian juga dengan Moro National Liberation Front (MNLF) di Filipina tidak kalah rumit dan kompleks dalam penyelesaiannya walaupun pada akhirnya gerakan ini dapat dikendalikan dengan pemberian hak otonomi khusus. Latar belakang masalah inilah yang digunakan untuk membuat sebuah penelitian perbandingan tentang bagaimana upaya pemerintah Indonesia dan pemerintah Filipina mengatasi gerakan separatis di wilayahmya masing-masing sekaligus membandingkan kedua pemerintah tersebut untuk menemukan keefektifan dalam penyelesaian konflik gerakan separatis. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif-eksplanatif dengan asumsi bahwa penelitian ini tidak hanya memberikan gambaran tentang bagaimana penyelesaian konflik antara pemerintah dengan gerakan separatis tetapi juga sebuah penjelasan bagaimana sebuah konflik bisa diselesaiakan secara efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: HI 04/05 Sus g FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: HUBUNGAN INTERNASIONAL;GERAKAN SEPARATIS
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
ANGGUN TRISNANTO HARI SUSIW, 079915982UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorT. SOEDJADINO, DRS., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 08 Dec 2016 02:46
Last Modified: 03 Jul 2021 13:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48751
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item