ANALISIS PERBEDAAN PENGARUH SISTEM FLAT INCENTIVE BERBANDING SISTEM PROGRESSIVE-DEGRESSIVE INCENTIVE TERHADAP PRODUKTIVITAS SALES FORCE DI PT. ASTRA INTERNATIONAL Tbk DAIHATSU CABANG SURABAYA TAHUN 2002-2003

Dyani Yohanita Hartari, 040124232 E (2006) ANALISIS PERBEDAAN PENGARUH SISTEM FLAT INCENTIVE BERBANDING SISTEM PROGRESSIVE-DEGRESSIVE INCENTIVE TERHADAP PRODUKTIVITAS SALES FORCE DI PT. ASTRA INTERNATIONAL Tbk DAIHATSU CABANG SURABAYA TAHUN 2002-2003. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-hartaridya-1020-b.04_06.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI PT. Astra International Tbk Daihatsu adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang otomotif di Surabaya. Semakin banyaknya perusahaan-perusahaan sejenis yang bergerak dibidang otomotif dan semakin bertambahnya minat masyarakat terhadap otomotif (mobil), maka menuntut PT. Astra International Tbk Daihatsu untuk meningkatkan semangat dan motivasi kerja sales force yang merupakan pemeran utama dalam penjualan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh PT. Astra International Tbk Daihatsu adalah dengan menerapkan sistem insentif yang secara langsung dapat memacu sales force untuk bekerja lebih giat lagi. Sistem insentif yang diterapkan pada PT. Astra International Tbk Daihatsu ada dua macam yaitu sistem flat incentive yang diterapkan sampai tahun 2002 dan sistem progressive-degressive incentive yang diterapkan mulai tahun 2003. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh apa kedua sistem insentif tersebut berpengaruh terhadap produktivitas sales force. Dalam penelitian ini digunakan teknik uji t untuk mengetahui perbedaan kedua sistem insentif ini berdasarkan produktivitas dan teknik analisis regresi linier sederhana untuk melihat seberapa besar pengaruh kedua sistem insentif ini terhadap produktivitas sales force. Untuk penelitian sistem insentif ini diperlukan 21 sales force yang terdiri dari 19 salesman dan 2 orang sales counter, yang mana dari ke 21 sales force ini sudah pernah mengalami diberlakukannya sistem flat incentive dan progressive-degressive incentive di PT. Astra International Tbk Daihatsu. Berdasarkan pengujian dengan menggunakan uji t, maka diperoleh hasil produktivitas sistem flat incentive lebih tinggi jika dibandingkan dengan sistem progressive-degressive incentive dengan tingkat signifikansi 0,032 dan perbandingan pendapatan 1 tahun 14447619,0476 untuk sistem flat incentive dan 12086339,2857 untuk sistem progressive-degressive incentive. Sedangkan berdasarkan teknik analisis regresi linier sederhana diperoleh hasil sistem progressive-degressive incentive memiliki pengaruh cukup besar yaitu R2 = 36,3% dengan nilai koefisien R = 60,3% jika dibandingkan sistem flat incentive yaitu R2 = 0,2%, dengan R= 4,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.04/06 Har a
Uncontrolled Keywords: PERSONNEL MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Dyani Yohanita Hartari, 040124232 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorENDANG PURNOMOWATI, Dra. Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 26 Apr 2006 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 22:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4879
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item