KEBIJAKAN MANAJEMEN (Studi Deskriptif Tentang Ketidakpuasan dan Perlawanan Pekerja Terhadap Kebijakan Manajemen Pada McDonald's Plasa Surabaya)

LINA BUDIARTI, 070016379 (2005) KEBIJAKAN MANAJEMEN (Studi Deskriptif Tentang Ketidakpuasan dan Perlawanan Pekerja Terhadap Kebijakan Manajemen Pada McDonald's Plasa Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
S 41-05 Bud k.pdf

Download (325kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian mengenai penilaian kebijakan perusahaan ini dilakukan peneliti untuk mengidentifikasi kebijakan dan bentuk respon pekeIja terhadap kebijakan yang dibuat oleh manajemen serta penerapan kebijakan oleh manajer. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk-bentuk respon yang diberikan oleh para peketja baik respon yang diberikan secara positif maupun respon negatif serta bagaimana penerapan kebijakan pada para pekerja Teori-teori yang digunakan daIam penelitian ini antara lain adaIah beberapa teori dari Scheinder tentang seputar kehidupan Industri, teori motivasi yaitu teorl X dan Y dan McGregor dan teorl perlawanan dati James C Scott. Penelitian dilakukan di saIah satu McDonald's terbesar yang ada di Surabaya Penelitian ini bertipe deskriptif, dengan menekankan pada analisa kualitatif Dalam penelitian ini diperoleh sembilan (9) informan. Suhyek penelitian ditentukan secara purposive yaitu peketja yang telah bekerja lebih dari dua tahun dan cukup mengetahui tentang kebijakan dan pernah memberikan respon terhadap kebijakan. Hasil penelitian mengenai penilaian kebijakan perusahaan sebagai motivasi peketja dapat disimpulkan bahwa para peketja menilai ada kebijakan yang menguntungkan dan kebijakan yang merugikan, kebijakan yang menguntungkan akan memotivasi peketja sedangkan kebijakan yang merugikan akan menimbulkan respon negatif yang dimanifestasikan dalam bentuk-bentuk tindakan yang berdampak pada proses produksi secara. keseluruhan. Peneliti mengelompokkan tindakan protes peketja menjadi protes secara terselubung dan protes secara langsung. Protes secara terselubung dilakukan dengan cara slow down, boikot produksi, mangkir, pencurian, meninggalkan tempat ketja tanpa ijin, melanggar prosedur dengan sengaja dan keterlambatan yang terus dilakukan. Sedangkan protes secara langsung dilakukan pada saat crew meeting dengan mengkritik manajemen secara langsung adan mengabaikan perintah manajer. Hanya sebagian kecil pekerja yang menyampaikan protes secara langsung karena mereka takut akan mempengaruhi penilaian manajer kepadanya, sedangkan protes secara terselubung banyak dilakukan karena dianggap lebih aman dan menguntungkan karena tanpa sepeqgetahuan manajer. Penerapan kebijakan juga menjadi perhatian penulis dalam penelitian ini, sebagian informan menggangap kebijakan tidak diterapkan secaraadil pada seluruh peketja, terdapat unsur subjektifitas sehingga peketja yang dianggap terlalu vokal akan terus diawasi dan dicari-cari kesalahannya dengan dalih melanggar kebijakan meskipun demikian tidak semua manajer konsisten melakukan kebijakan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: S 41-05 Bud k FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION, LABOR, MANAGEMENT, POLICY
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7795-8027 Labor policy. Labor and the state
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LINA BUDIARTI, 070016379UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSUTINAH, Dra., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 08 Dec 2016 20:41
Last Modified: 13 Jun 2017 17:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48803
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item