ECSTASY DALAM DUNIA MAHASISWA (Studi Kasus tentang proses Penggunaan Ectasy di Kalangan Mahasiswa Universtas Airlangga Surabaya)

ETY WAHYUNI, 079213494 (1997) ECSTASY DALAM DUNIA MAHASISWA (Studi Kasus tentang proses Penggunaan Ectasy di Kalangan Mahasiswa Universtas Airlangga Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
SKK FIS S 324-97 WAH E.pdf

Download (253kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan/Pengkonsumsian ecstasy merupakan gaya hidup yang sedang aktual dan populer sekarang ini. Di Indonesia, ecstasy sendiri menjadi pemberitaan yang hangat ketika ada kasus kematian Rinaldi di rumah artis Ria Irawan, kasus tertangkapnya Zarima, tertangkapnya M. Said seorang pilot pesawat Garuda. Di Surabaya, seperti di kota-kota basar di dunia, remajanya Juga terpengaruh kebudayaan yang populer tersebut. Di mana gaya hidup ini berkembang sebagai trend yang aktual, dan banyak remaja Surabaya yang terpengaruh untuk mengikutinya. Tidak ketinggalan juga para mahasiswa Universitas Airlangga. yang terpengaruh untuk menggunakan / mengkonsumsi ecstasy. Dan yang menarik dikaji adalah : 1. Bagaimana mahasiswa tersebut mendapatkan ecstasy? 2. Bagaimana mahasiswa tersebut mengkonsumsi ecstasy? 3. Bagaimanakah dampak farmakologis ecstasy terhadap fisik dan psikis mahasiswa yang menggunakan? Penelitian yang berjudul ECSTASY DALAM DUNIA MAHASISWA (Studi T entang Proses Penggunaan Ecstasy di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya) ini sebagai penelitian dengan metode diskriptif menggunakan analisa kuantitatif dari tabel frekuensi yang dilengkapi dengan analisa kualitatif dari hasH wawancara mendalam. yang keduanya didasari oleh kerangka teori. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang terdafiar di Universitas Airlangga. baik itu program Strata I maupun Diploma HI. Sedangkan yang menjadi sampel adalah mahasiswa-mahasiswa pengguna ecstasy yang masih terdaftar di Univeritas Airlangga dengan teknik pengambilan sampel menggunakan 'Snow Ball' sebanyak 20 orang responden. Adapun kesimpulannya adalah status sosial ekonomi mahasiswa Universitas Airlangga pengguna ecstasy, relatif tergolong pada kelas sosial ekonomi menengah ke atas. Faktor teman sebaya dan media massa berfungsi sebagai media awal perkenalan ecstasy. Mahasiswa pengguna ecstasy awalnya mendapatkan ecstasy dari kelompok teman sebaya yang diberikan secara cuma-cuma. Penggunaan ecstasi di kalangan mahasiswa Universitas Airlangga dapat digolongkan menjadi tiga pola yaitu, eksperimental, socialrecreational dan circumtantial-situational. Dampak penggunaan ecstasy bagi mahasiswa pengguna ecstasy tergantung dari tujuan penggunaannya. Sehingga ecstasy juga memberikan dampak yang positif selain dampak negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: DRUGS, SOCIOLOGY, ADDICTION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF207-209 Psychotropic Drugs
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM300-666 Drugs and their actions
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ETY WAHYUNI, 079213494UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHerwanto Aryo Manggolo, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 08 Dec 2016 21:00
Last Modified: 13 Jun 2017 17:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48805
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item