UPAYA PEMERINTAH DAERAH DALAM MENlNGKATKAN KEMAMPUAN APARATUR UNTUK MENUNJANG PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH (Studi Deskriptif tentang upaya Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Blitar Dalam Meningkatkan Kemampuan Aparatur Daerah Untuk Menunjang Pelaksanaan Otonomi Daerah)

KUS NINDYARINI ARIMBI YEKTI, 079946163 (2003) UPAYA PEMERINTAH DAERAH DALAM MENlNGKATKAN KEMAMPUAN APARATUR UNTUK MENUNJANG PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH (Studi Deskriptif tentang upaya Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Blitar Dalam Meningkatkan Kemampuan Aparatur Daerah Untuk Menunjang Pelaksanaan Otonomi Daerah). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis AN 16-04.yek u.pdf

Download (150kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Otonomi daerah membawa konsekuensi bagi pemerintah daerah untuk mempersiapkan faktor-faktor yang mendukung otonomi daerah tersebut. Salah satu faktor pendukung yang sangat penting adalah adanya sumber daya aparatur. Faktor sumber daya aparatur yang berkuaIitas merupakan modal utama bagi suatu organisasi untuk melaksanakan pemerintahannya. Bagaimanapun besarnya modal yang dimilliki, peralatan canggih maupun manajemen yang bagus, tidak akan berarti apa-apa jika tidak di ikuti dengan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkemampuan untuk mengoperasikan peralatan yang dimiliki. Dalam penelitian ini penulis berusaha untuk mengetahui dan menggambarkan tentang bagaimana kemampuan aparatur pemkab Blitar dalam melaksanakan tugasnya dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan tersebut serta upaya yang di lakukan oleh Pemkab Blitar khususnya BKD dalam meningkatkan kemampuan aparatur. Penelitian ini bertipe deskriptif yaitu berusaha untuk menggambarkan kemampuan aparatur Pemkab Blitar dilihat dari pemahamanya terhadap bidang tugas, kecepatan dan ketepatan dalam melaksanakan tugas serta hubungan kerjasama antar instansi yang di pengaruhi oleh faktor-faktor yang terdiri dari jumlah pegawai, tingkat pendidikan, masa keIja dan keadaan kepangkatan pegawai serta upaya yang di lakukan untuk meningkatkan kemampuan aparatur melakukan pendidikan dan pelatihan serta seleksi pegawai. Dalam penggalian data peneliti menggunakan teknik wawancara dengan informan yang berkompeten dalam menjawab permasalahan penelitian ini yang ada di Pemkab Blitar. T eknik lainnya yaitu penulis menggunakan teknik dokumentasi yang sangat mendukung dalam penelitian ini. Dalam menganalisa penulis menggunakan analisa kualitatif yang mana penulis berusaha untuk menjelaskan, menggambarkan dan menguraikan dengan sistematis sesuai dengan kenyataan yang ada. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan aparatur pemkab Blitar dalam melaksanakan tugas yang ditunjang oIeh faktor·fuktor yang mempengaruhinya secara kualitas maupun kuantitas masih belum optimal. Hal ini dapat di lihat dari tingkat pendidikan serta jumlah pegawai yang belum mencukupi dalam menunjang pelaksanaan tugasnya. Untuk itu , maka upaya yang di lakukan oleh Pemkab Blitar dalam meningkatkan kemampuan aparatur tersebut, melalui pendidikan dan pelatihan serta pengadaan pegawai melalui proses seleksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.Namun upaya ini kiranya belum berjalan maksimal, karena hingga saat ini masih banyak pegawai yang belum diikutkan dalam diktat karena anggaran yang tersedia tidak mencukupi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis An 16-04 Yek u
Uncontrolled Keywords: AUTONOMY MAN POWER POLICY
Subjects: K Law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3184-3188 Form and structure of government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
KUS NINDYARINI ARIMBI YEKTI, 079946163UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDEKO SUPENO, Drs. , MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 08 Dec 2016 23:10
Last Modified: 08 Dec 2016 23:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48826
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item