"IMPLEMENTASI COMPLIANCE TEST DALAM MENILAI EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS AKTIVITAS PENJUALAN KAMAR PADA FOUR SEASONS RESORT HOTEL BALI at SAYAN "

KUSUMANINGTYAS AMBARWATI, 040237627 (2004) "IMPLEMENTASI COMPLIANCE TEST DALAM MENILAI EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS AKTIVITAS PENJUALAN KAMAR PADA FOUR SEASONS RESORT HOTEL BALI at SAYAN ". Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 251-04 Amb i.pdf

Download (533kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi dengan judul "Implementasi Compliance Test dalam Menilai Efektivitas Sistem Pengendalian Intern atas Aktivitas Penjualan Kamar pada Four Seasons Resort Hotel Bali at Sayan" ini membahas tentang implementasi compliance test untuk mendeteksi kelemahan yang ada sehingga menghasilkan rekomendasi yang dapat meningkatkan efektivitas sistem pengendalian intern atas aktivitas penjualan kamar pada Four Seasons Resort Hotel Bali at Sayan. Transaksi penjualan kamar pada bidang usaha perhotelan merupakan transaksi operasional utama dalam kegiatan sehari-hari dengan volume yang sering, maka diperlukan adanya pengendalian untuk menjamin agar tidak timbul kecurangan dan penyelewengan yang merugikan hotel tersebut. Oleh karena itu, implementasi compliance test diperlukan untuk melihat sejauh mana kepatuhan yang telah dilakukan. Implementasi compliance test bertujuan untuk mengetahui apakah prosedurprosedur dalam aktivitas penjualan tunai dan kredit kamar hotel telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah digariskan oleh pihak manajemen, sehingga auditor dapat memberikan penilaian atas prosedur tersebut. Oleh karena hanya dilakukan dan berlaku di Four Seasons Resort Hotel Bali at Sayan, maka metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif studi kasus yang bersifat aplikatif Penelitian dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner 'yes or no question" kepada pihak-pihak yang terlibat untuk menilai keandalan sistem pengendalian intern Four Seasons Resort Hote] Bali at Sayan. Hasil wawancara dan penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern Four Seasons Resort Hotel Bali at Sayan pada aktivitas penjualan kamar hotelnya cukup baik dan cukup dapat diandalkan. Oleh karena itu, efektivitas sistem pengendalian intern Four Seasons Resort Hotel Bali at Sayan ini diuji dengan menggunakan stop-or-go sampling. Untuk aktivitas penjualan tunai kamar hotel diuji terhadap 6 atribut dan 5 atribut untuk aktivitas penjualan kredit kamar hotel. Sampel yang diambil adalah 60 sampel guest folio untuk aktivitas penjualan tunai kamar hotel dan 60 sampel invoice yang dikirimkan fungsi penagihan kepada debitur untuk aktivitas penjualan kredit kamar hotel. Dari uji efektivitas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian intern sudah dilaksanakan secara efektif Hanya 1 penyimpangan yang ditemukan terhadap 6 atribut sistem pengendalian intern pada aktivitas penjualan tunai kamar hotel yaitu pada atribut ke-4, sehingga perlu mengambil sampel tambahan sebanyak 36 sampel. Pada uji efektivitas lanjutan ini tidak ditemukan adanya penyimpangan sehingga pengujian dihentikan pada sampel ke-96.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 251-04 Amb i ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: "IMPLEMENTASI COMPLIANCE TEST DALAM MENILAI EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS AKTIVITAS PENJUALAN KAMAR PADA FOUR SEASONS RESORT HOTEL BALI at SAYAN "
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
KUSUMANINGTYAS AMBARWATI, 040237627UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArsono Laksmana, Prof .Dr. , SE.AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Dec 2016 17:01
Last Modified: 09 Dec 2016 17:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48854
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item