ANALISIS PENGARUH PENILAIAN PENONTON ATAS IKLAN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA FIT DI TV DENGAN TEMA SERIAL BAJAJ BAJURI TERHADAP KEMUNGKINAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA FIT DI SURABAYA

Fakhruddin Bachtiar, 040124237 E (2006) ANALISIS PENGARUH PENILAIAN PENONTON ATAS IKLAN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA FIT DI TV DENGAN TEMA SERIAL BAJAJ BAJURI TERHADAP KEMUNGKINAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA FIT DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-bachtiarfa-1092-b.72_06.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Iklan sebagai bagian dari promosi adalah salah satu strategi perusahaan dalam rangka memasarkan serta mengkomunikasikan produk mereka kepada konsumen. Agar konsumen tertarik, ingat, dan kemudian membeli produk yang diiklankan, maka iklan perlu dibuat semenarik mungkin. Salah satunya adalah dengan mengadopsi suatu serial TV,yaitu serial Bajaj Bajuri. Pemilihan serial ini sebagai tema iklan sendiri dikarenakan serial ini sangat populer dan banyak digemari oleh masyarakat (terbukti dengan perolehan rating yang tinggi). Hal ini nantinya dapat menimbulkan korelasi antara program TV yang banyak disukai dengan keefektifan iklan yang mengacu pada konteks program (Clancy and Kweskin, 1971). Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui respon penonton (konsumen) atas iklan suatu produk (sepeda motor Honda Supra Fit) dengan tema serial Bajaj Bajuri terhadap kemungkinan pembelian produk tersebut di Surabaya. Iklan sepeda motor Honda Supra Fit dengan tema serial Bajaj Bajuri yang ditayangkan di TV disini terdiri dari beberapa elemen, yaitu karakter tokoh (character), musik (musically), gambar (visually), dan pernyataan (expertise). Responden penelitian ini adalah masyarakat umum yang pernah melihat iklan tersebut, baik yang mau membeli atau yang sudah punya sepeda motor. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Uji Validitas menggunakan Pearson Product Moment Correlation, sedangkan uji Reliabilitasnya dengan teknik Cronbach Alpha. Untuk menguji hipotesa yang dibangun, maka digunakan SPSS Ver 10.00, dan diperoleh persamaan sebagai berikut : Y = 0,689 + 0,391 XI + 0,009 X2 + 0,290 X3 + 0,168 X4 Berdasarkan uji hipotesa diperoleh bahwa hipotesa penelitian ini terjawab, yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara elemen-elemen iklan dengan tema serial Bajaj Bajuri (karakter tokoh, musik, gambar, pernyataan) di TV terhadap kemungkinan pembelian. Hasil analisis menyatakan bahwa pengaruhnya adalah sebesar 52,8 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.72/06 Bac a
Uncontrolled Keywords: MARKETING � MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Fakhruddin Bachtiar, 040124237 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSRI GUNAWAN, DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 08 May 2006 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 22:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4886
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item