PENGARUH PERSPEKTIF GENDER DALAM PEMILIHAN TEMA BACAAN ( Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Guru di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya)

HURHAYATI, 079810965 (2001) PENGARUH PERSPEKTIF GENDER DALAM PEMILIHAN TEMA BACAAN ( Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Guru di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
TP 03-02 Nur p.pdf

Download (310kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Terjadinya fenomena pemisahan tema bacaan berdasarkan gender sebenarnya sudah lama teIjadi, namun hal tersebut tidak pemah terekspose. Munculnya beragam jenis media cetak yang menampilkan tema-tema yang khusus untuk kalangan laki-laki dan perempuan tersebut tumbuh dengan subur bak cendawan di musim hujan. Sebenarnya kemuncu!an media-media cetak berdasarkan jenis kelarnin tersebut bukan suatu hal yang perlu dipermasalahkan, namun akhirnya menjadi suatu permasalahan ketika hal tersebut m...cnimbulnya stereotip-stereotip bernuansa gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini hanya menggambarkan bahwa memang terdapat keterkaitan antara persepsi gender yang dimiliki seseorang dalam penentuan tern abacaan yang ia pilih. Dalam menggali data-data yang valid, maka peneliti mengambil informan dari para guru yang mengajar di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya ini. Dengan menggunakan metode purposive, yaitu informan bertempat tinggal,masih dalam wilayah daerah surabaya. Dan hasil temuan dilapangan, peneliti memang menemukan bahwa persepsi seseorang mengenai perannya sebagai seorang laki-Iaki maupun seorang perempuan memang menentukan ia dalam memilih tema bacaan yang dipilih. Dan hal tersebut tak lepas dari pengaruh sosialisasi yang diterimanya sejak masih kanak-kanak. Sekitar 92% responden mengakui bahwa bacaannya yang dibaca meruapakan bacaan yang berkenaan dengan dunia yang dianggap sebagai dunia wanita, yaitu kegiatan masak-memasak, mode dan lain-lain yang sejenisnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: MINAT BACA, GENDER, LIBRARIES
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Teknisi Perpustakaan (D3)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HURHAYATI, 079810965UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorJOHNNY ALFIAN, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 12 Dec 2016 18:56
Last Modified: 14 Jun 2017 18:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48901
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item