PENGARUH PEMBERIAN MINYAK JAGUNG TERHADAP PERTAMBAHAN BERAT BADAN, KONSUMSI DAN KONVERSI PAKAN PADA AYAM PEDAGING YANG TELAH DIVAKSIN ND (NEW CASTLE DISEASE)

Wihdatul Aisyah, 06 (2000) PENGARUH PEMBERIAN MINYAK JAGUNG TERHADAP PERTAMBAHAN BERAT BADAN, KONSUMSI DAN KONVERSI PAKAN PADA AYAM PEDAGING YANG TELAH DIVAKSIN ND (NEW CASTLE DISEASE). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 53 01 Ais p.pdf

Download (438kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minyak jagung sebagai pakan tambahan yang dapat mencegah turunnya pertambahan berat badan, konsumsi dan peningkatan konversi pakan akibat vaksinasi ND(New Castle Disease) pada ayam pedaging . Sejumlah 32 ekor DOC pedaging jantan dan betina strain Arbor aCrf$$ CP 707 , diberikan perlakuan berupa pemberian minyak jagung dalam ran sum starter pacta umur enam sampai delapan hari. Selama percobaan ayam diberi pakan komersial CP 511 (starter). Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap yang terbagi menjadi empat perlakuan dan delapan ulangan. Data dianalisis dengan Analisis Ragam dan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil 5%. Minyak jagung diberikan dalam pakan dengan persentase sesuai perlakuan. Pacta perlakuan Po tanpa pemberian minyak jagung (0%), perlakuan PI pemberian minyak jagung sebesar 2,5% ,perlakuan P2 pemberian minyak jagung sebesar 5%, perlakuan P3 pemberian minyak jagung sebesar 7,5% . Perhitungan pertambahan barat badan , konsumsi pakan dan konversi pakan dilakukan pada tiap minggu . Penelitian dilaksanakan sampai ayam berumur tiga minggu. Hasil penelitian menunjukkan hahwa pemberian minyak jagung 5% dicampur dalam pakan starter pada ayam umur enam sampai delapan hari bermantaat untuk mencegah turunnya pertambahan berat hadan dan peningkatan konversi pakan tetapi tidak berpengaruh terhadap konsumsi pakan pada ayam pedaging akibat vaksinasi ND.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF409 Small animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Wihdatul Aisyah, 06UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Dec 2016 19:22
Last Modified: 16 May 2019 00:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48906
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item