ANALISIS PENGARUH WAKTU PENYIMPANAN TERHADAP KADAR ALKOHOL DALAM BUAH PISANG AMBON (Musa paradisiaca Linn.) DENGAN METODE KROMATOGRAFI GAS

HELMY YUSUF, 059811991 (2003) ANALISIS PENGARUH WAKTU PENYIMPANAN TERHADAP KADAR ALKOHOL DALAM BUAH PISANG AMBON (Musa paradisiaca Linn.) DENGAN METODE KROMATOGRAFI GAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FF 06 03 Yus a.pdf

Download (761kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Analisis kandungan senyawa dalam buah-buahan merupakan hal yang menarik untuk dikaji dalam rangka memperkaya khasanah ilmu pellgetahuan. Peristiwa fermentasi yang menghasilkan alkohol dapat dengan sengaja dilakukan lIntuk membuat minllll1an beralkohol, atau dapat terjadi secara alami melailli mckallisl11c enzimatis. Adaplin bllah yang sering digunakan d,.larn membuat minllman beralkohol adalah anggur, apel, pisang dan lain-lain. Dengan mengacu pada peristiwa fermentasi yang dapat terjadi secara alami melalui mekanisme enzimatis pada buah-bllahan yang mengandung karbohidrat dan kandungan air yang cllkllP, maka pcnelitian ini mempllnyui tujuan lIntuk mengetahlli pengarllh \Vaktll penyimpanan dengan terbentuknya alkohol dalam sampel buah pisang Ambon (Musa paradisiaca Linn.) yang merupakan buah yang paling populer di masyarakat saat ini. Buah pisang Ambon mengandung karbohidrat dan air yang cllkup tinggi untuk mendukung terjadinya fermentasi enzimatis dalam pembentukan alkohol, sehingga banyak digunakan sebagai iJdhan baku pembuatan minllman beralkohol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FF 06-03 Yus a (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: ALKOHOL; PISANG AMBON; MUSA PARADISIACA LINN.; KROMATOGRAFI GAS
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
HELMY YUSUF, 059811991UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHJ, ANDJAR SARDJIMAH, Dr. MSUNSPECIFIED
Thesis advisorAchmad Toto PoernomoUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 12 Dec 2016 21:53
Last Modified: 12 Dec 2016 21:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48957
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item