PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBERIAN KUNYIT BENTUK GERUSAN DAN EKSTRAK DENGAN OKSITETRASIKLIN TBRHADAP PENYEMBUHAN LUKA YANG DIINFEKSI Escherichia coli PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus)

BERU WIDYATMOKO, 06 (2001) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBERIAN KUNYIT BENTUK GERUSAN DAN EKSTRAK DENGAN OKSITETRASIKLIN TBRHADAP PENYEMBUHAN LUKA YANG DIINFEKSI Escherichia coli PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 66 01 Wid p.pdf

Download (561kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kunyit terhadap penyembuhan luka yang diinfeksi Escherichia coli pada tikus putih dan membandingkan efektivitasnya dengan oksitetrasiklin. Tikus putih jantan sejumlah 42 ekor, dibagi menjadi 18 ekor untuk penentuan dosis infeksi dan 24 ekor untuk penelitian yang terdiri empat kelompok dan enam kati ulangan. Infeksi buatan dilakukan dengan menginsisi sepanjang 1 em pada m. gluteus medius, kemudian diinfeksi dengan Escherichia coli sesuai dosis pengeneeran sebanyak dua tetes pipet pasteur (O,lml). Setelah timbul gejala klinis kemudian dilaksanakan perlakuan, yaitu kontrol negatif (KO), KI (oksitetrasiklin), PI (gerusan kunyit), dan PH (ekstrak kunyit). Pengobatan dilakukan tiga kali sehari sampai terjadi penyembuhan dan dilakukan pengamatan terhadap lama waktu penyembuhan. Pola pereobaan yang digunakan adalah Rancangan Aeak Lengkap (RAL), hasil dianalisis dengan Anava dengan taraf signifikan 5% yang dilanjutkan dengan uji BNT 5 %. Lama waktu penyembuhan luka infeksi pada KO adalah 8,33 ± 1,03 hari, KI adalah 6,17 ± 1,60 hari, PI adalah 6,67 ± 1,21 hari, dan PH adalah 5,17 ± 1,17 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kunyit memberi perbedaan yang nyata terhadap kontrol negatif, sedang efektivitas kunyit terhadap oksitetrasiklin tidak berbeda nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsEmail
BERU WIDYATMOKO, 06UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Hidanah, M.S., Ir.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Dec 2016 22:39
Last Modified: 12 Dec 2016 22:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48973
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item