POTENSI TEPUNG CACING TANAH (Pheretima houllet E.Perr SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG IKAN TERHADAP BERAT KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL PADA RANSUM AYAM PEDAGING STRAIN ARBOR ARCHES JANTAN

NUNUK SETYANINGSIH, 069512195 (2001) POTENSI TEPUNG CACING TANAH (Pheretima houllet E.Perr SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG IKAN TERHADAP BERAT KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL PADA RANSUM AYAM PEDAGING STRAIN ARBOR ARCHES JANTAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 66 02 Set p.pdf

Download (556kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pemberian tepung cacing tanah (Pheretima houl/eli E. Perr) sebagai substitusi sebagian tepung ikan dalam ransum ayam pedaging jantan. . Sebanyak 24 ekor ayam pedaging jantan strain Arbor Arcess. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terbagi menjadi empat perlakuan dengan enam ulangan. Keempat perlakuan tersebut adalah pemberian substitusi sebagian lepWlg ikan dengan tepung cacing sebesar 0% (PO), 2% (PI), 5% (P2) dan 8% (P3). Ransum yang digunakan hasil susunan sendiri dengan kadar protein sebesar 22% untuk starter dan 20% untuk finisher. Pakan perlakuan diberikan setelah ayam berumur dua minggu rungga lima minggu. Pengambilan data dilakukan pada akhir minggu kelima berupa berat karkas dan lemak abdominal. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis sidik ragam (Uji F) yang dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkeci15%. Hasil peneJitian menunjukkan bahwa berbagai substitusi sebagian tepung ikan dengan tepung cacing dalarn ransum ayam pedaging jantan memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<O,OI), terl1adap herat karkas. Dimana pemberian substitusi sebagian tepung ikan dengan tepung cacing sampai 5% (P2) menunjukkan perbedaan yang sangat oyata dengan P3 (8%). Sedangkan pada berat lemak abdominal tidak menunjukkan perbedaan yang nyata (P<0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF409 Small animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsEmail
NUNUK SETYANINGSIH, 069512195UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIwan Willyanto., MSc., PhD., drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Dec 2016 22:55
Last Modified: 12 Dec 2016 22:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48983
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item