PENGARUH PDB SEKTOR INDUSTRI DAN NILAI IMPOR TERHADAP PENERIMAAN PAJAK TIDAK LANGSUNG DI INDONESIA TAHUN 1984-2002

SONNY BASAS, NIM.: 049916426 (2005) PENGARUH PDB SEKTOR INDUSTRI DAN NILAI IMPOR TERHADAP PENERIMAAN PAJAK TIDAK LANGSUNG DI INDONESIA TAHUN 1984-2002. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 25.05 bAS P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembangunan suatu negara merupakan kegiatan yang terus diupayakan. Untuk itu pemerintah membutuhkan dana yang diperoleh dari penerimaan negara. Sebagian besar dari penerimaan negara diperoleh dari penerimaan pajak. Apabila kegiatan pembangunan semakin meningkat, maka penerimaan perpajakan pun harus terus diusehakan untuk depat bertambah. Pajak tidak hanya mengisi kas negara, melainkan juga berperan untuk mendorong kegiatan ekonomi dan sosial secara keseluruhan. Pajak menurut golongannya dibedakan Pajak Langsung dan Pajak Tidak Langsung. Pajak Tidak Langsung artinya beban pajaknya tidak selaln dipikul seluruhnya oleh si wajib pajak, tetapi beban pajak itu dapat digeserkan sebegian atau seluruhnya kepada orang laln. Sedangkan Pajak Tidak Langsung berasal dan Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjuaian Barang Mewah (PPN dan PPn BM), bea masuk, cukai, pajak ekspor dan pajak lain-lain. Dalam penulisan skripsi ini, meneliti apakah PDB sektor industri dan nilai impor mempunyai pengaruh signifikan terhadap penerimaan Pajak Tidak Langsung di Indonesia tahun 1984-2002. Kemudian dari kedua variabel tersebut, variabel mana yang dominan mempengaruhi Pajak Tidak Langsung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yaitu unluk mengetahui korelasi antara variabel yang digunakan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Dalam penelitian ini digunukan aplikasi program kompoler SPSS 11 (Statistical Package for Social Sciences) untuk memudahkan perhitungan. Hasil dan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa PDB sektor industri dan nilai impor secara hersama-sama dan secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap penerimaan Pajak Tidak Langsung di Indonesia pada tahun 1984-2002. Dalam penelitian ini juga didapat PDB sektor industri aebagai variabel dominan dalam mempengaruhi penerimaan Pajak Tidak Langsung di Indonesia tahun 1984-2002.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 25/ 05 BAS P
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4629-4830 Income tax
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsEmail
SONNY BASAS, NIM.: 049916426UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantH. Rochmad Djohar Djaelani, Drs. Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 12 Dec 2016 23:55
Last Modified: 12 Dec 2016 23:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48984
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item