SISTEM PENGENDALIAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) DENGAN PEMROSESAN DATA ELEKTRONIK

MAS AGUNG, 049515103 (2002) SISTEM PENGENDALIAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) DENGAN PEMROSESAN DATA ELEKTRONIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 57 02 Agu s.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) merupakan salah satu sumber pemasukan negara yang penting. Mekanisme pengawasan terhadap PPN yang selama ini telah dijalankan oleh fiskus terhadap Pengusaha Kena Pajak (PKP) barulah sampai pada tingkat pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Masa, di m~na setelah PKP memberitahukan berapa PPN yang terutang pada masa tersebut, fiskus baru dapat menguji kepatuhan PKP dengan mengadakan pemeriksaan . . Masalah yang kemudian timbul dari kondisi tersebut adalah keharusan KPP melakukan konfirmasi ketika transaksi yang dilakukan oleh suatu PKP melibatkan PKP lain yang tidak dilayani oleh KPP yang sama. Kcndala yang tcrjadi adalah lamanya waktu yang diperlukan untuk melakukan konfirmasi tersebut. Hal ini diperberat dengan kenyataan bahwa terdapat rasio yang sangat tidak seimbang antara PKP yang harus dilayani oleh suatu KPP dengan jumlah petugas yang mengelola urusan PPN (untuk KPP Surabaya Genteng,'rasio ini adalah sekitar 3000 : 20). Untuk mengatasi masalah tersebut, terdapat solusi berupa penerapan sistem pengendalian PPN dengan menggunakan pemrosesan data elektronik yang mampu melakukan konfirmasi online. Kondisi ideal yang seharusnya dicapai dalam sistem tersebut adalah perekaman aktivitas PKP sampai pada tingkat faktur pajak. Namun untuk mencapai kondisi tersebut dipcrlukan kesiapan internal aparat perpajakan sendiri dalam arti bahwa sistem online yang mampu mengelola SPT Masa harus dibentuk terlebih dahulu. Pemilihan teknologi yang diperlukan dalam sistem pengendalian PPN dengan menggunakan pemrosesan data elektronik haruslah memperhatikan kondisi geografis Indonesia serta kebutuhan kecepatan transfer data. Dasar-dasar ilmu yang diperlukan dalam pemilihan teknologi untuk sistem tersebut adalah Pemrosesan Data Elektronik, Komunikasi Data, Jaringan Komputer, serta Basis Data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 57/02 Agu s
Uncontrolled Keywords: TAX AUDITING
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4629-4830 Income tax
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
MAS AGUNG, 049515103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDjoko Dewantoro, Drs., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 12 Dec 2016 23:16
Last Modified: 12 Dec 2016 23:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48989
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item