KOMUNIKASI DATA PADA SISTEM PIUTANG RUMAH SAKIT X DI SURABAYA

SITI MARIATUL IBTIYAH, 049923012-E (2006) KOMUNIKASI DATA PADA SISTEM PIUTANG RUMAH SAKIT X DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-ibtiyahsit-2850-a16506.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-ibtiyahsit-2850-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah sakit sabagai suatu badan usaha dituntut untuk memberikan pelayanan medis dan manajemen secara efektif dan efisien dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen dan pengendalian intern yang baik. Komunikasi data akan mempermudah pemrosesan administrasi pasien dengan cepat dan akurat khususnya mengenai pembayaran kredit atau piutang pasien. Perkembangan teknologi komputer sangat mendukung kecepatan dan ketepatan dalam mengolah data piutang pasien, dengan penerapan komunikasi data terkomputerisasi yang dikombinasikan dengan sistem informasi akuntansi khususnya piutang, diharapkan mernaksimalkan kinerja manajemen clan memberikan pelayanan terbaik bagi pasien. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan deskriptif. Proses penelitian ini mernperhatikan kontek studi dengan menitikberatkan pada pemahaman pemikiran dan persepsi peneliti Penelitian dilakukan dengan observasi berdasarkan dokumen dan data-data yang ada dan melakukan wawancara langsung dan berusaha untuk mcmahami tentang apa yang sedang diamati. Dengan evaluasi tersebut diketahui bahwa komunikasi data sistem piutang Rumah Sakit "X" menggunakan komputer walaupun komunikasi data yang dihasilkan (transfer data) masih dilakukan secara manual. Sistem komunikasi data manual akan mengakibatkan lemahnya sistem pengendalian intern pada perusahaan. Selain itu kemungkinan terjadinya kesalahan masih relatif besar, dan dari sisi penyimpanan data, maka alur proses manual ini akan lebih sulit ditelusuri dan tidak terjamin keamanan datanya. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan lebih lanjut dengan menggunakan Local Area Network (LAN) dan mengarah pada sistem yang secara keseluruhan menggunakan komputer, maka pengendalian intern, komunikasi data dan pelayanan pasien dapat lebih ditingkatkan karena pasien akan merasakan kemudahan proses administrasi yang harus dilaluinya serta jaminan keakuratan jurnlah biaya perawatan yang ditagihkan kepada pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.165/06 Ibt k
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS; HOSPITAL INFORMATION SYSTEMS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.2-62.8 Management of special enterprises
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
SITI MARIATUL IBTIYAH, 049923012-EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYustrida Bernawati, Dra.,MSI.,Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 14 Nov 2006 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 18:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4910
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item